kamagra kopen kamagra online kamagra 100 viagra tablets australia levitra online australia cialis daily australia levitra australia kamagra 100mg cialis bijsluiter cialis kopen viagra kopen viagra online
viagra tablets australia levitra online australia viagra générique viagra pour femme cialis générique cialis en ligne levitra générique levitra prix kamagra 100 kamagra 100mg kamagra kopen kamagra online cialis bijsluiter cialis kopen viagra kopen viagra online cialis daily australia levitra australia
Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Opini

Pendidikan Karakter Landasan Pembangunan Bangsa

Pendidikan Karakter Landasan Pembangunan Bangsa
A. Pendahuluan
Pendidikan karakter memiliki makna lebih tinggi dari pendidikan moral, karena pendidikan karakter tidak hanya berkaitan dengan masalah benar-salah, tetapi bagai-mana menanamkan nilai-nilai budaya yang baik dalam kehidupan, sehingga anak/pe-serta didik memiliki kesadaran, dan pema-haman yang tinggi, serta kepedulian dan komitmen untuk menerapkan kebaiikan dalam kehidupan sehari-hari. Perpres No. 78 tahun 2017 Tentang Penguatan Pen-didikan Karakter mempertegas hal terse-but.
Dengan demikian dapat dikatakan bah-wa karakter merupakan sifat alami sese-orang dalam merespon situasi dengan nilai-nilai akhlak yang baik, yang ditunjukkan dalam tindakan nyata melalui perilaku jujur, baik, bertanggung jawab, hormat terhadap orang lain, dan nilai-nilai karakter mulia lainnya. Dalam konteks pemikiran Islam, karakter berkaitan dengan iman dan ihsan. Hal ini sejalan dengan ungkapan Aristoteles, bahwa karakter erat kaitannya dengan kebiasaan yang terus-menerus dipraktikkan dan diamalkan.
Wynne (1991) mengemukakan bahwa karakter berasal dari bahasa Yunani yang berarti “to mark” (menandai) dan memfo-kuskan pada bagaimana menerapkan nilai-nilai kebaikan dalam tindakan nyata atau perilaku sehari-hari. Oleh sebab itu, seo-rang yang berperilaku tidak jujur, curang, kejam, dan rakus dikatakan sebagai orang yang memiliki karakter jelek, sedangkan yang berperilaku baik, jujur, dan suka menolong dikatakan sebagai orang yang memiliki karakter baik/mulia.

B. Definisi Karakter dan Pendidikan Ka¬rak-ter
Karakter dimaknai sebagai cara berfikir dan berperilaku yang khas tiap individu untuk hidup dan bekerja sama, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara. Karakter dapat dianggap sebagai nilai- ilai perilaku manusia yang berhu-bungan dengan Tuhan Yang Maha esa, diri, sendiri, sesama manusia, lingkungan, dan kebangsaan yang terwujud dalam pikiran, sikap, perasaan, perkataan, dan perbuatan berdasarkan norma- norma agama, hukum, tata karma , budaya , adat istiadat, dan estetika. Karakter dalah perilaku yang tampak dalam kehidupan sehari –hari baik dalam bersikap maupun dalam bertindak. Warsono dkk. (2010) mengutip Jack Corley dan Thomas Philip (2000) menyatakan : “ Karakter merupakan sikap dan kebiasaan seseorang yang memungkinkan dan mempermudah tindakan moral.”
Menurut KBBI (2009) Karakter meru-pakan sifat- sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan sesorang denan yang lain. Sementara Scerenko (1997) men¬definikan karakter sebagai artibrut atau ciri-ciri yang membentuk dan membedakan ciri pribadi, ciri etis, dan kompleksitas mental dari seseorag, suatu kelompok atau bangsa. Dengan demikian karakter adalah nilai-nilai yang unik – baik yang terpatri dalam diri dan terjawantahkan dalam perilaku (Kementrian Pendidikan Nasional, 2010)
Sebagai identitas atau jati diri suatu bangsa, karakter merupakan nilai dasar perilaku yang menjadai acuan tata nilai interaksi antar manusia. Secara universal karakter dirumuskan sebagai nilai hidup bersama berdasarkan atas pilar: kedamaian (peace), menghargai (respect), kerja sama (cooperation), kebebasan (freedom), keba¬hagiaan (happiness), kejujuran (honesty), kerendahan hati (humility), kasing sayang (love), tanggung jawab (responsibility), kesederhanaan (simplicity), toleransi (tole¬rance), dan persatuan (unity).Karakter dapat dimaknai sebagai nilai dasar yang membangun pribadi seseorang, terbentuk baik karena pengaruh hereditas (ketu¬ru¬nan) maupun pengaruh lingkungan, yang membedakan dengan orang lain, serta diwujudkan dalam sikap dan perilakunya dalam kehidupan sehari – hari.
Tujuan pendidikan memuat gambaran tentang nilai-nilai yang baik, luhur, pantas, benar, dan indah untuk kehidupan. Karena itu tujuan pendidikan memiliki dua fungsi yaitu memberikan arah kepada segenap kegiatan pendidikan dan merupakan sesu-atu yang ingin dicapai oleh segenap kegi-atan pendidikan.
Pendidikan Karakter adalah upaya sadar dan sungguh – sungguh dari seseorang guru untuk mengajarkan nilai –nilai kepada siswanya (Winton,2010). Pendidikan ka-rakter telah menjadi sebuah pergerakan pendidikan yang mendukung pengem-bangan sosial, pengembangan emosional, dan pengembangan etik para siswa. Pendidikan Karakter juga dapat didefinikan sebagai pendidikan yang mengembangkan karakter yang mulia (good character) dari peserta didik dengan mempraktikan dan mengajarkan nilai- nilai moral dan pengam-bilan keputusan yang beradab dalam hu-bungan dengan sesama manusia maupun dalam hubungannya denga Tuhannya. Ke-mu¬dian definisi tersebut dikembngkan oleh Departemeb Pendidikan Amerika Serikat “Pendidikan karakter mengajarkan kebi¬asaan berpikir dan kebiasaan berbuat yang dapat membantu orang – orang hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, sahabta, tetangga, masyarakat, dan bangsa.”
Menurut Scenreko (1997) pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai upaya yang sungguh–sungguh dengan cara mana ciri kepribadian positif dikembangkan, dido¬rong,dan diberdayakan melalui keteladana, kajian (sejarah dan biografi para bijak dan pemikir besar), serta praktik emulasu (usa¬ha yang maksiman untuk mewujudkan hikmah dari apa- apa yang diamati dan dipelajari). Selanjunya Anne Lockwood memerinci ada tiga proposisi sentral dalam pendidikan karakter. “Pertama, bahwa tu¬juan pendidikan morla dapat dikejar, tidak semata – mata membiarkannya sekedar sebagai kurikulum tersembunyi yang tidak terkontrol , dan bahwa tujuan pendidikan karakter telah memiliki dukungan yang nyata dari masyarakat dan telah menjadi konsensus bersama. Kedua, bahwa tujuan – tujuan behavioral tersebut adalah bagian dari pendidikan karakter. Ketiga, perilaku antisosial sebagai bagian kehidupan anak –anak adalah sebagai hasil dari ketidak-hadiran nilai- nilai dalam pendidikan.”
Jadi, pedidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikir, raga, serta rasa dan karsa. Pendidikan karakter dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan watak, pendidikan moral, yang bertujuan mengem¬bangkan kemampuan peserta didik untuk memberikan keputusan baik – buruk, me¬me¬lihara apa yang baik, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari – hari dengan sepenuh hati. Pendidikan karakter dapat pula dimaknai sebagai upaya yang terencara untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli, dan menginternalisasi nilai- nilai sehingga peserta didik berpe¬rilaku sebagi insan kamil.
Makna pendidikan sebagi suatu sistem penanaman nilai – nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai- nilai tersebut baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, ling¬ku¬ngan, ma¬u¬pun kebang¬sa¬an sehingga men¬¬jadi manusia insan ka¬mil. Penanaman ni¬lai kepada warga sekolah maknanya bahwa pendidikan karakter baru akan efektif jika tidak hanya siswa, tetapi juga para guru, kepala sekolah dan tenaga non-pendi¬dik di sekolah se¬mu¬a harus terlibat dalam pendi-dikan ka¬rakter.

C. Landasan Pendidikan Karakter
Dalam pengertisn yang lebih luas pendidikan karakter dapat dimaknai seba-gai pendidikan nilai, pendidikan moral, pendidikan budi pekerti dan pendidikan watak yang bertujuan untuk mengem-bangkan kemampuan peserta didik untuk mem¬berikan keputusan baik-buruk, meme¬lihara yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan karakter memiliki empat prinsip (Koesoema,2006) yaitu: 1) kete¬raturan setiap tindakan dan diukur berdasarkan hierarki nilai. 2) koherensi yang memberikam keberanian, membuat seseorang teguh pada prinsip. 3) otonomi. 4) keteguhandan kesetiaan.
Mengapa perlu melakukan pendidikan karakter? Sekurang-kurangnya memiliki empat alasan utama, yakni historis, yuridis, sosiologis, dan pedagogis.

1. Historis
Alasan historis perlunya pendidikan karakter terkait dengan perjalanan saejarah bangsa sejak perlawanan yang bersifat kedaerahan, kebangkitan nasional, revolusi fisik merebut kemerdekaan, hingga mem¬pertahankan kemerdekaan. Pada setiap perlawanan tersebut terdapat etos per¬juangan yang patut di teladanin seperti jiwa sepi ing pamrih rame ing gawe. Mentalitas tersebut dimanifestasikan oleh perjuangan tanpa pamrih, tidak mengharapkan imbalan jasa, yang penting Indonesia bebas dari penjajah yang telah menghisap darah Ibu Pertiwi. Kuntul baris, rawe-rawe rantas malang-malang putung adalah mentalitas bekerja sama yang kokoh antara rakyat dengan pimpinan sehingga daya juang pada waktu itu sangat dasyat. Oleh karena itu etos perjuangan tersebut harus di ajarkan kepada generasi muda sekarang melalui pendidikan karakter ini.

2. Yuridis
Alasan yuridis adalah alasan berda-sarkan undang-undang . Misalnya menurut pasal 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di tegaskan bahwa Pen¬didikan Nasional berfungsi untuk me-ngembangkan kemampuan serta mem-bentuk watak dan peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, berfungsi untuk me-ngembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat berilmu, cakap, kreatif, mandiri, menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Dengan deskripsi tersebut pendidikan karakter sangat perlu untuk mewu¬jud-kannya,agar sesuai UU No 20 tahun 2003.

3. Sosiologis
Alasan sosiologis adalah alasan yang timbul dari adanya kenyataan di ma¬sya-rakat seperti merebaknya berbagai perilaku buruk yang sangat jauh dari kehidupan berkarakter yang melanda Indonesia. Kon¬disi demikian mendorong pemerintah untuk melakukan penguatan kembali proses pen¬didikan hingga menyentuh aspek pengem¬bangn karakter, utamanya di persekolahan dan perguruan tinggi.

4. Pedagogis
Alasan pedagogis adalah alasan perlunya pendidikan karakter dilakukan untuk mendidik warganegara. Secara psiko¬pedagogis anak adalah seorang warga nega¬ra hipotetik. Artinya warganegara yang be¬lum jadi yang harus dididik menjadi sese¬orang yang sadar akan kewajiban dan hak-haknya sebagai insane tuhan, insane sosial dan politik. Dengan demikian hidup ber¬karakter itu tidak lahir dengan sendirinya, melainkan harus dibina melalui proses pendidikan. Dengan demikianlah pendi¬di¬kan karakter itu diperlukan untuk membina peserta didik agar hidup berkarakter sesuai dengan nilai-nilai dan norma sesuai dengan fitrah manusia. Ada tiga tujuan pendidikan karakter yakni pribadi yang berkarakter, sekolahatau kampus yang berkarakter dan masyarakat yang berkarakter (Licko¬na, 2004).

Pendidikan Karakter dalam Konteks Makro
Konteks makro bersifat nasional yang mencakup keseluruhan konteks perenca-naan dan implementasi mengembangkan karakter yang melibatkan seluruh pemang-ku kepentingan pendidikan nasional. Secara makro pengembangan karakter dapat diba¬gi dalam tiga tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi hasil. pada tahap perencanaan dikembangkan perangkat ka¬rak¬ter yang digali, dikristalisasikan, dan di¬rumuskan dengan menggunakan berbagai sumber antara lain pertimbangan: 1) filo¬sofis - agama, pancasila, UUD 1945 dan UU No 20 tahun 2003 beserta ketentuan perundang-undangan turunannya. 2) per¬timbangan teoritis - teori tentang otak, psikologis, pendidikan, nilai dan moral dan sosial-kultural. 3) pertimbangn empiris be¬ru¬pa pengalaman dan praktek terbaik (best practices) dari antara lain tokoh-tokoh satuan pendidikan unggulan, pesantren dll. Pada tahap implementasi dikembangkan pengalaman belajar (learning experiences) dan proses pembelajaran yang bermuara pada pembentukan karakter dalam diri individu peserta didik. Proses ini dilak¬sa-nakan melalui proses pembudayaan dan pemberdayaan sebagaimana digariskan sebagai salah satu prinsip penyelenggaraan pendidikan nasional. Proses ini berlangsung dalam tida pilar pendidikan yakni dalam satuan pendidikan, keluarga, dan masya¬rakat. Dalam masing-masing pilar pendi¬dikan aka nada dua jenis pengalaman belajar (learning experiences) yang di bagi dalam dua pendekatan yaitu intervensi dan habituasi. Dalam intervensi dikembangkan suasana interaksi belajar dan pembelajaran yang sengaja dirancang untuk mencapai tujuan pembentukan karakterdengan me¬ne¬rapkan kegiatan yang berstruktur. Agar dalam proses pembelajaran tersebut ber¬hasil guru sebagai sosok anutan yang sa¬ngat penting dan menentukan. Sementara itu dalam habituasi diciptakan situasi dan kondisi yang memungkinkan peserta didik pada satuan pendidikaanya, dirumahnya, di dalam masyarakatnya membiasakan diri berprilaku sesuai nilai. Pada tahap evaluasi hasil, dilakukan asesmen program untuk perbaikan berkelanjutan yang disengaja dirancang dan dilaksanakan untuk men-deteksi aktualisasi karakter dalam diri pe-serta didik sebagai indikator bahwa proses pembudayaan dan pemberdayaan karakter itu berhasil dengan baik.

D. Ciri Dasar Pendidikan Karakter
Menurut Foerster, seorang pencetus pen¬didikan dan pedadog Jerman, menya-takan bahwa ada empat ciri dasar pendidikan karakter, yakni sebagai berikut:
1. Keteraturan Interior, di mana setiap tindakan diukur dengan hierarki nilai. Nilai menjadi pedoman normative setiap tindakan.
2. Koherensi, yang memberi keberanian, membuat seseorang teguh pada prinsip, tidak mungkin terombang-ambing pada situasi baru aau takut resiko. Koherensi adalah dasar yang membangun rasa percaya satu sama lain. Tidak adanya koherensi akan meruntuhkan krediilitas seseorang.
3. Otonomi. Seseorang menginternali¬sasi-kan aturan dari luar sampai menjadi nilai bagi pribadi, lewat penilaian atas kepu-tusan pribadi tanpa terpengaruh pihak lain.
4. Keteguhan dan kesetiaan. Keteguhan merupakan daya tahan seseorang guna mengingini apa yang dipandang baik. Sedangkan kesetiaan adalah dasar bagi penghormatan atas komitmen yang dipilih.
Kematangan keempat karakter ini, me-mungkinkan manusia melewati tahap indi-vidualitas menuju personalitas. Karakter ini¬lah yang menetukan performa pribadi da¬lam setiap tindakannya.

E. Pendekatan Pendidikan Karakter
a. Pendekatan Penanaman Nilai
Pendekatan Penanaman Nilai (incul¬ca¬ti-on approach) adalah suatu pendekatan yang memberi penekanan pada penanaman nilai-nilai sosial dalam diri siswa. Menurut pendekatan ini, tujuan pendidikan nilai ada¬lah diterimanya nilai-nilai sosial tertentu oleh siswa dan berubahnya nilai-nilai siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai sosial yang diinginkan (Superka, et al. 1976). Menurut pendekatan ini, metode yang digunakan dalam proses pembelajaran antara lain keteladanan, penguatan positif dan negatif, simulasi, permainan peranan, dan lain-lain.
Pendekatan ini merupakan pendekatan tradisional. Dipandang indoktrinatif, tidak sesuai dengan perkembangan kehidupan demokrasi (Banks, 1985; Windmiller, 1976). Pendekatan ini dinilai mengabaikan hak anak untuk memilih nilainya sendiri secara bebas. Dalam perkembangannya, pendeka¬tan ini tidak sesuai dengan alam pendidikan Barat yang sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebebasan individu. Namun, disadari atau tidak pendidikan ini digunakan secara meluas dalam berbagai masyatakay, teru¬tama dalam penanaman nilai-nilai agama dan nilai-nilai budaya.

b. Pendekatan Perkembangan Kognitif
Karakteristiknya memberikan pene¬ka-nan pada aspek kognitif dan perkem-bangannya. Pendekatan ini mendorong sis-wa untuk berpikir aktif tentang masalah-masalah moral dan dalam membuat kepu-tusan-keputusan moral. Menurut pende-katan ini, perkembangan moral dilihat sebagai perkembangan tingkat berpikir dalam membuat pertimbangan moral, dari suatu tingkat yang lebih rendah menuju suatu tingkat yang lebih tinggi (Elias, 1989).
Tujuan utama pendekatan ini:
1. Membantu siswa dalam membuat per-timbangan moral yang lebih kompleks berdasarkan kepada nilai yang lebih tinggi.
2. Mendorong siswa untuk mendiskusikan alasan-alasannya ketika memilih nilai dan posisinya dalam suatu masalah moral.
Menurut pendekatan ini, proses penga-jaran nilai didasarkan pada dilema moral, dengan metode diskusi kelompok. Diskusi dilaksanakan dengan memberi perhatian pada tiga kondisi penting. Pertama, men-dorong siswa menuju tingkat pertimbangan moral yang lebih tinggi. Kedua, adanya dilema, baik dilema hipotekal maupun faktual berhubungan dengan nilai dalam kehidupan seharian. Ketiga, suasana yang dapat mendukung bagi berlangsungnya diskusi dengan baik (Superka, et. Al. 1976; Banks, 1985).
Pada dasar¬nya, pendeka¬tan ini mudah digunakan da¬lam proses pen¬didikan di sekolah karena memberikan pe¬nekanan pa¬da aspek per¬kembangan ke¬mampuan ber¬pikir. Selain itu, karena pendekatan ini memberikan per¬hatian sepenuhnya kepada isu moral dan penyelesaian masalah yang berhubungan dengan pertentangan nilai tertentu dalam masyarkat, pendekatan ini menjadi menarik. Dalam praktiknya, teori ini menghidupkan suatu kelas.
Kelemahan pendekatan kognitif, me-nam¬pilkan bias budaya Barat. Dalam proses pengajaran, pendekatan ini juga tidak mementingkan kriteria benar salah untuk suatu perbuatan. Yang dipentingkan adalah alasan yang dikemukakan atau pertim-bangan moralnya.
c. Pendekatan Analisis Nilai
Pendekatan Analisis Nilai memberikan penekanan pada perkembangan kemam-puan siswa untuk berpikir logis, dengan cara menganalisis masalah yang berhu-bungan dengan nilai-nilai sosial. Tujuan utama pendidikan moral menurut pende-katan ini , yaitu pertama membantu siswa untuk menggunakan kemampuan berpikir logis dan penemuan ilmiah dalam meng-analisis masalah-masalah sosial, yang ber-hubungan dengan nilai moral tertentu. Kedua, membantu siswa untuk menggu-nakan proses berpikir rasional dan analitik, dalam menghubung-hubungkan dan meru-muskan konsep tentang nilai-nilai mereka. Selanjutnya, metoda-metoda pengajaran yang sering digunakan adalah pembelajaran secara individu atau kelompok tentang masalah-masalah sosial yang memuat nilai moral, penyelidikan kepustakaan, penye¬lidikan lapangan, dan diskusi kelas berda¬sarkan kepada pemikiran rasional.
Menurut pendekatan ini, ada enam langkah analisis nilai yang penting dan perlu diperhatikan dalam proses pendidikan karakter, yaitu (1) mengidentifikasi dan menjelaskan nilai yang terkait. (2) me¬ngumpulkan fakta yang berhubungan. (3). Menguji kebenaran fakta yang bekaitan. (4). Menjelaskan kaitan antara fakta yang bersangkutan. (5) merumuskan keputusan moral sementara. (6). Menguji prinsip moral yang digunakan dalam pengambilan keputusan.
Kekuatan pendekatan ini, antara lain, mudah diaplikasikan dalam ruang kelas ka-re¬na penekanannya pada pengembangan kemampuan kognitif. Pendekatan ini juga menawarkan langkah-langkah yang siste-matis dalam pelaksanaan proses pembe-lajaran moral. Kelemahannya, pendekatan ini hanya berdasarkan kepada prosedur analisis nilai yang ditawarkan serta tujuan dan metoda pengajaran yang digunakan. Pendekatan ini sangat menekankan aspek kognitif, dan sebaliknya mengabaikan aspek afektif dan perilaku. Pendekatan ini sangat berat memberi penekanan pada proses, kurang mementingkan isi nilai.

d. Pendekatan klarifikasi nilai
Memberi penekanan pada usaha mem-bantu siswa dalam mengkaji perasaan dan perbuatannya sendiri, untuk meningkatkan kesadaran mereka tentang nilai-nilai mere-ka sendiri. Menurut pendekatan ini, tujuan pendekatan karakter ada tiga, pertama, membantu siswa agar menyadari dan me-ng¬identifikasikan nilai-nilai mereka sendiri serta nilai-nilai orang lain. Kedua, mem-bantu siswa agar mampu berkomunikasi secara terbuka dan jujur dengan orang lain, berhubungan dengan nilai-nilainya sendiri. Ketiga, membantu siswa agar mampu me-nggunakan secara bersama-sama kemam-puan berpikir rasional dan kesadaran emo-sional, mampu memahami perasaan, nilai-nilai, dan pola tingkah laku mereka sendiri. Dalam proses pengajarank berdasarkan kepada nilainya sendirinya, pendekatan ini menggunakan metode dialog, menulis, dis-kusi dalam kelompok besar atau kecil, dan lain-lain.
Pendekatan ini memberi penekanan pa¬da nilai yang sesungguhnya dimiliki oleh seseorang. Guru bukan sebagai pengajar nilai, melainkan sebagai role model dan pendorong. Peranan guru adalah mendo-rong siswa dengan pertanyaan-pertanyaan yang relevan untuk mengembangkan kete-rampilan siswa dalam melakukan proses menilai.
Kekuatan pendekatan ini terutama mem¬berikan penghargaan yang tinggi kepada siswa sebagai individu yang mem-punyai hak untuk memilih, menghargai, dan bertindak berdasarkan kepada nilainya sendiri (Banks, 1985). Metode penga¬ja-rannya juga sangat fleksibel, selama dipandang sesuai dengan rumusan proses menilai dan empat garis panduan yang ditentukan.

e. Pendekatan pembelajaran berbuat
Menekankan pada usaha memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan perbuatan-perbuatan moral, baik secara per¬seorangan maupun secara bersama-sama dalam suatu kelompok. Tujuan utama pendidikan moral berdasarkan pendekatan ini, pertama, memberi kesempatan pada siswa untuk melakukan perbuatan moral, baik secara perseorangan maupun secara bersama-sama, berdasarkan niali-nilai me¬reka sendiri. Kedua, mendorong siswa un¬tuk melihat diri mereka sebagai makhluk individu dan makhluk sosial dalam per-gaulan dengan sesama, yang tidak memiliki kebebasan sepenuhnya, melainkan sebagai warga dari suatu masyarakat yang harus mengambil bagian dalam suatu proses de¬mokrasi.
Metode pendekatan ini menggunakan projek-projek tertentu untuk dilakukan di sekolah atau dalam masyarakat, dan prak-tek keterampilan dalam berorganisasi atau berhubungan antara sesama.
Kekuatan pendekatan ini pada program-program yang disediakan dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk ber¬par¬tisipasi secara aktif dalam kehidupan demo¬krasi. Kelemahan pendekatan ini sulit di¬prak¬tikkan. Sebagian dari program-program yang dikembangkan dapat digunakan, na¬mun secara keseluruhan sukar dilak¬sa¬nakan.

F. Strategi Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter di sekolah dapat dilakukan secara efektif dan efisien apabila didukung oleh sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikannya, da-na sekolah yang cukup untuk menggaji staf sesuai dengan fungsinya, sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses pembelajaran, serta dukungan yang tinggi dari masyarakat (orang tua). Harus diakui bahwa sejak zaman orde lama, orde baru, orde reformasi sampai sekarang pendidikan nasional belum ditangani oleh ahliya secara profesional. Oleh karena itu, untuk meningkatkan kualitas pendidikan harus melakukan reformasi total terhadap mana¬jemen dan sistem pendidikan nasional; jika tidak kita tinggal menunggu kehancuran bangsa dan negara ini; yang berbagai indi¬katornya sudah dapat dirasakan sekarang.
Berkaitan dengan kondisi sekolah, di Indonesia pada saat ini sangat bervariasi dilihat dari segi kualitas, lokasi sekolah, dan partisipasi masyarakat (orangtua). Kuali¬fi-kasi sekolah bervariasi dari sekolah yang sangat maju sampai sekolah yang sangat ketinggalan, sedangkan lokasi sekolah ber-va¬riasi dari sekolah yang terletak di perko-taan sampai sekolah yang letaknya di dae-rah terpencil. Demikian pula partisipasi orang tua, bervariasi dari yang par¬ti¬si¬pa-sinya tinggi sampai yang kurang bahkan tidak berpartisipasi sama sekali. Kondisi ter¬se¬but tampaknya, akan menjadi perma-salahan yang rumit dan harus diprioritaskan penanganannya. Oleh karena itu, agar pendidikan karakter dapat diterangkan se-ca¬ra optimal, baik sekarang maupun di ma-sa yang akan datang, perlu adanya penge-lompokkan sekolah berdasarkan tingkat kemampuan manajemen masing-masing. Pe¬nge¬lompokkan ini dimaksudkan untuk mempermudah pihak-pihak terkait dalam memberikan dukungan.
1. Pengelompokkan sekolah
2. Penahapan yang tepat
3. Pengembangan perangkat pendukung
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang secara sistematis melak¬sa¬nakan program bimbingan, pengajaran, dan atau pelatihan dalam rangka membantu siswa agar mampu mengembangkan poten¬sinya secara optimal, baik yang menyangkut aspek moral-spiritual, intelektual, emosi¬onal, sosial, maupun fisik-motoriknya. Hurlock (1986 : 322) mengemukakan bahwa sekolah merupakan faktor penentu bagi perkembangan kepribadian anak, baik dalam cara berpikir, bersikap, maupun berperilaku. Sekolah berperan sebagai substi¬tusi keluarga dan guru sebagai substi-tusi orang tua. Beberapa faktor lingkungan sekolah yang berkonstribusi positif terha-dap perkembangan siswa atau anak dian-taranya :
1. Kejelasan visi, misi, dan tujuan yang akan dicapai
2. Pengelolaan atau manajerial yang pro-fesional
3. Para personel sekolah yang memiliki ko-mitmen yang tinggi terhadap visi, misi, dan tujuan sekolah
4. Para personel sekolah memiliki semangat kerja yang tinggi, merasa senang, disiplin dan rasa tanggung jawab
5. Para guru memiliki kemampuan aka-demik dan profesional yang memadai
6. Sikap dan perlakuan guru terhadap siswa bersifat positif : bersikap ramah dan res¬pek terhadap siswa, memberikan ke¬sem¬patan kepada siswa untuk ber¬pen¬dapat atau bertanya
7. Para guru menampilkan perannya seba-gai guru dalam cara-cara yang selaras dengan harapa siswa, begitupun siswa menampilkan peranannya sebagai siswa dalam cara-cara yang selaras dengan harapan guru
8. Tersedianya sarana prasarana yang me-madai
9. Suasana hubungan sosio-emosional antar pim¬pinan sekolah, guru-guru, siswa, petugas administrasi, dan orangtua siswa berlangsung secara harmonis
10.Para personel sekolah merasa nyaman dalam bekerja karena terpenuhi b kesejahteraan hidupnnya.
Dalam salah satu hasil penelitian me-ngenai pendidikan, Michael Russel (Sigel-men & Shaffer, 1995 : 426) mengemukakan tentang definisi sekolah yang efektif, yaitu yang mengembangkan prestasi akademik, keterampilan sosial, sopan santun, sikap positif terhadap belajar, abseinteism yang ren¬dah, melatih keterampilan sebagai bekal bagi siswa untuk dapat bekerja. Seiring dengan program pemerintah mengenai pendidikan karakter, maka sekolah memiliki tanggung jawab untuk merealisasikannya melalui pengintegrasian pendidikan karak¬ter tersebut ke dalam program pendidikan secara keseluruhan. Sebagai lembaga pen¬didikan, sekolah diharapkan menjadi “Cen¬tre of nation character building”, pusat pembangunan karakter bangsa. Pendidikan karakter ini bukan mata pelajaran, tetapi nilai-nilai karakter itu harus ditanamkan kepada para peserta didik melalui proses pembelajaran dikelas maupun diluar kelas.
Kemendiknas (2010) menjelaskan bahwa karakter adalah “watak, tabiat, akhlak, atau kepribadian seseorang yang terbentuk dari hasil internalisasi berbagai kebijakan (vir¬tues) yang diyakini dan digunakan sebagai landasan untuk cara pandang, berpikir, bersikap, dan bertindak. Kebajikan terdiri atas sejumlah nilai, moral, dan norma seperti jujur, berani bertindak, dapat dipercaya, dan hormat kepada orang lain”. Interaksi seseorang dengan orang lain menumbuhkan karakter masyarakat dan bangsa. Kemendiknas (2010) menyatakan bahwa nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa diidentifikasi dari sumber-sumber berikut ini:
1. Agama: Mayarakat Indonesia adalah masyarakat yang beragama. Oleh karena itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya.
2. Pancasila: negara kesatuan Republik Indonesia ditegakkan atas prinsip-prinsip kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang disebut Pancasila.
3. Budaya: sebagai suatu kebenaran bahwa tidak ada manusia yang hidup bermasyarakat yang tidak didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat itu. Nilai-nilai budaya itu dijadikan dasar dalam pemberian makna terhadap suatu konsep dan arti dalam komunikasi antar anggota masyarakat itu.
4. Tujuan pendidikan nasional: sebagai rumusan kualitas yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia, dikembangkan oleh berbagai satuan pendidikan diberbagai jenjang dan jalur. Tujuan pendidikan nasi¬onal memuat berbagai nilai kema¬nu¬siaan yang harus dimiliki warga negara Indo¬nesia.
Berdasarkan keempat sumber nilai, teridentifikasi sejumlah nilai untuk pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagai berikut:
1. Religius: Sikap dan perilaku yang patuh dalam me¬laksanakan a¬jaran agama yang dianutnya, toleran terha¬dap pelaksa-na¬an ibadah aga¬ma lain, dan hi¬dup rukun de¬ngan pemeluk agama lain.
2. Jujur: Pe¬rilaku yang di¬da¬sarkan pada upaya menja¬di¬kan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perka-taan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Kreatif: Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari sesuatu yang telah dimiliki.
4. Mandiri: Sikap perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
5. Demokratis: Cara berpikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
6. Rasa Ingin Tahu: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
7. Semangat Kebangsaan: Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menem-patkan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan diri dan kelompoknya.
8. Cinta Tanah Air: Cara berpikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
9. Menghargai Prestasi: Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat dan mengakui serta meng-hormati keberhasilan orang lain.
10. Bersahabat/Komunikatif: Tindakan yang memperhatikan rasa senang berbi-cara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
11. Cinta Damai: Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas keha¬di-rannya.
12. Gemar Membaca: Kebiasaan menye¬diakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinnya.
13. Peduli Lingkungan: Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam dise¬ki-tarnya, dan mengembangkan uoaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
14. Peduli Sosial: Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membu-tuhkan.
15. Tanggung Jawab: Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia laku-kan, terhadap diri sendiri, masyarakat, ling-kungan (alam sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.

G. Implementasi Pendidikan Karakter
Pada umumnya pendidikan karakter me¬nekankan pada keteladanan , penciptaan lingkungan, dan pembiasaan; melalui ber¬bagai tugas keilmuan dan kegiatan kondu¬sif. Dengan demikian apa yang dilihat, didengar, dirasakan dan dikerjakan oleh pesetra didik dapat membentuk karakter mereka. Selain menjadikan keteladanan dan pembiasaan sebagai metode pendi¬dikan utama , penciptaan iklim dan budaya serta lingkungan yang kondusif juga sangat penting , dan turut mrmbentuk karakter peserta didik.
Penciptaan lingkungan yang kondusif dapat dilakukan melalui berbagai variasi metode sebagai berikut:
1) Penguasaan
2) Pembiasaan
3) Pelatihan
4) Pembelajaran
5) Pengarahan
6) Dan keteladanan
Berbagai metode tersebut mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam pem-bentukan karakter peserta didik, pembe-rian tugas di sertai pemahaman akan dasar dasar filosofisnya, sehingga peserta didik akan mengerjakan berbagai tugas dengan kesadaran dan pemahaman, kepedulian dan komitmen yang tinggi. Setiap kegiatan mengandung unsur unsur pendidikan, seba¬gai contoh dalam kegiatan kepramukaan , terdapat pendidikan kesederhanaan, ke¬man¬dirian. Kesetiakawanan, dan kebersa¬maan, kecintaan pada lingkungan dan ke-pemimpinan dalam kegiatan olahraga terdapat pendidikan kesehatan jasmani, penanaman sportivitas, kerja sama (tem work) dan kegigihan dalam berusaha.

H. Peranan Penting Pendidikan Karakter Bagi Pembangunan Bangsa

Modal orang untuk menjadi sukses tak lepas dari peran penting suatu karakter yang luar biasa. Karakter menjadi suatu hal yang berpengaruh pula dimana sesorang tersebut berada. Pembentukan karakter dapat dibangun pula melalui sarana Pen-didikan.
Negara Indonesia pun sejak masa kemerdekaan sudah memikirkan mengenai Pendidikan Karakter. Para pendiri bangsa menyadari paling tidak ada tiga tantangan besar yang harus dihadapi. Pertama, adalah mendirikan bangsa yang bersatu dan berdaulat, kedua, adalah membangun bangsa, dan ketiga adalah membangun karakter.
Menurut bapak pendiri bangsa Presiden pertama Republik Indonesia menegaskan : “Bangsa ini harus dibangun dengan menda-hulukan pembangunan karakter, karena pembangunan karakter inilah yang akan mem¬buat Indonesia menjadi bangsa yang besar, maju dan jaya serta bermartabat.
Di Indonesia Pelaksanaan Pendidikan karakter dirasakan mendesak dan amat perlu pengembangannya bila mengingat makin meningkatnya tawuran antar pelajar, serta bentuk- bentuk kenakalan remaja lainya terutama di kota-kota besar, peme¬rasan/kekerasan, kecenderungan dominasi senior terhadap yunior, penggunaan narko¬ba dan lain-lain.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan Nasional dalam publikasinya berjudul Pedo¬man Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Dalam publikasi Pusat Kurikulum dinya¬takan bahwa pendidikan karakter berfungsi untuk :
1. Mengembangkan potensi dasar agar ber¬hati baik, berpikiran baik, dan berpe-ri¬laku baik,
2. Memperkuat dan membangun perilaku baik yang multikultur,
3. Meningkatkan peradaban bangsa yang kompetitif dalam pergaulan dunia.
Dalam kaitan itu telah diidentifikasi se-jumlah nilai pembentuk karakter yang me-rupakan hasil kajian empiris Pusat Kuri-kulum, nilai-nilai bersumber dari Agama, Pancasila, budaya dan tujuan pendidikan nasional tersebut adalah :
1. Religius,
2. Jujur,
3. Toleransi,
4. Disiplin,
5. Kerja Keras,
6. Kreatif,
7. Mandiri,
8. Demokratis,
9. Rasa ingin tahu,
10. Semangat Kebangsaan,
11. Cinta tanah air,
12. Menghargai Prestasi,
13. Bersahabat/komunikatif,
14. Cinta damai
15. Gemar membaca,
16. Peduli lingkungan,
17. Peduli Sosial,
18. Tanggung jawab.

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Pendidikan karakter merupakan pendidi¬kan yang sangat penting untuk membina kepribadian peserta didik. Karakter sangat berpengaruh terhadap kelakuan seseorang dimanapun dia berada. Oleh sebab itu, kesuksesan seseorang tak lepas dari modal pendidikan karakter yang dimilikinya. Se¬per¬tinya yang diungkapkan oleh Presiden Soekarno yang intinya adalah pemba¬ngunan karakter harus diutamakan karena memiliki manfaat untuk bangsa menjadi besar, maju dan jaya serta bermartabat.
Pendiri negara telah memberikan pe-nekanan pada pembangunan karakter bangsa, dengan arah dan landasan yang jelas, yakni Pancasila. Hal ini sesuai dengan fungsi Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Oleh sebab itu, pemerintah berupaya memfokuskan pembangunan karakter bangsa kepada para peserta didik, sebagai generasi penerus bangsa. Kemu-dian oleh pemerintah penanaman pemba-ngunan karakter bangsa dimasukkan ke dalam kurikulum mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).

B. Saran
Mulai dari jenjang SD hingga perguruan tinggi harus selalu diajarkan mengenai pendidikan karakter. Setiap pendidik hen-daknya memiliki kompetensi untuk mendi-dik perihal pendidikan karakter. Proses mendidik dilakukan secara bertahap se-hingga peserta didik bisa menyesuaikan ba¬han ajar menurut jenjang pendidikannya. Dengan begitu diharapkan akan terlahir generasi-generasi emas bangsa Indonesia yang terbekali dengan karakter-karakter baik agar berguna untuk bangsa Indonesia.

DAFTAR PUSTAKA

Budimansyah, Dasim. (2012). Perancang Pembelajaran Berbasis Karakter. Bandung: Widya Aksara Press.
Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusamedia.
Mulyasa. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT.Bumi Aksara.
Saptono. (2011). Dimensi-Dimensi Pendidikan Karakter, Wawasan, Strategi, dan Langkah Praktis. Jakarta: Erlangga.
Samani, Muchlas & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Muslich, Masnur. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Tirtarahardja, Umar. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.



Related Images

  • Pendidikan Karakter Landasan Pembangunan Bangsa

Post Rating

Comments

www.office.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:37 PM
Do more with OneDrive and Office 365 Create polished documents, unlock insights, present with clarity, and collaborate in real-time using Office 365.
fix printer problems
Sunday, September 29, 2019 11:40 PM
Fix printer problems in Windows 10. When you connect a printer to your PC or add a new printer to your home network, you can usually start printing right away. Windows supports most printers, and you probably won't have to go out of your way to install special printer software.

www.mcafee.com/activate
Sunday, September 29, 2019 11:41 PM
Install mcafee product without any hassle. We provide best installation service click here for more details.

www.office.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:41 PM
office it the package of office tools to make your working smooth and effective.Get it downloaded in your computer with the fast help.
www.office.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:42 PM
Exceptional technical assistance for setting up office 365 in your computer or laptop.just give us a call on our number and we are ready to give you the best help.
www.norton.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:43 PM
Present norton antivirus with the best help gathering and keep your PC contamination free. Download norton antivirus with the best help gathering and avoid disease attacks.

www.office.com/myaccount
Sunday, September 29, 2019 11:43 PM
To get started Office 2019, 2016 and office 365 download or installation you must need valid 25 character product key,
www.webroot.com/safe
Sunday, September 29, 2019 11:44 PM
Webroot is a best-known antivirus software protects your devices against phishing, ransom attacks, viruses and malwares. visit here for more details : URL , It can keep your data, files and essential information safe and also scan your files against online threat.
www.office.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:44 PM
Here you can get item keys for Office 365 full form and individual Office apps.Here we are giving full help to introduce office bundle click here for more subtleties.

www.norton.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:45 PM
norton help to ensure your gadgets against antiviruses and offer security to client and giving personality and contraption affirmation to your related life.

www.mcafee.com/activate
Sunday, September 29, 2019 11:46 PM
mcafee antivirus is widely used aantivirus helps to detect and neutralize computer virus, the mail worms,the trojan programs,and also helps your system free of virus and other malware is quite a daily challenge. for more details visit mcafee.com/activate here.
www.office.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:47 PM
Get started with Office product by downloading and installing it. Type the product key at
www.norton.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:47 PM
Norton Setup Internet and Device Security. Norton give total seCurity to web and device.Every business constantly expected to send the record and subtleties material and everybody needs to beyond any doubt that the archives that are sending the best possible and unique arrangement.
www.mcafee.com/activate
Sunday, September 29, 2019 11:48 PM
To stop the malware from damaging the folders on the device, McAfee Antivirus software has to be downloaded in the device. After downloading the McAfee Antivirus, the protection for the system data automatically gets started.

www.office.com/setup
Sunday, September 29, 2019 11:48 PM
On the off chance that you need to reinstall office or fix it, you can reverify your item key on setup page and can download more established form of office
mcafee.com/activate
Monday, September 30, 2019 5:03 AM
Mcafee antivirus setup could be a wide used antivirus software package that develops a protecting protect for your devices and

information.
mcafee.com/activate
Monday, September 30, 2019 5:05 AM
mcafee merchandise obtainable on Official web site by providing a 25-digit distinctive code in mcafee.com/activate to activate the

commissioned mcafee product.
Office.com/setup
Tuesday, October 1, 2019 2:50 AM
I really happy found this website eventually. Really informative and inoperative, Thanks for the post and effort! Please keep sharing more such blog.
norton.com/setup
Tuesday, October 8, 2019 11:24 PM
Your post is very helpful and information is reliable. Thank you so much for sharing this wonderful post.
office.com/setup
Friday, October 18, 2019 5:00 AM
I just wanted to say that I love every time visiting your wonderful post! Very powerful and have true and fresh information. Thanks for the post and effort! Please keep sharing more such a blog.
mcafee.com/activate
Friday, October 18, 2019 5:02 AM
Really very happy to say, your post is very interesting to read. I never stop myself to say something about it. You’re doing a great job.Keep it up
office.com/setup
Friday, October 18, 2019 5:03 AM
I found your post interesting to read. I cant wait to see your post soon. Good Luck for the upcoming update. This article is really very interesting and effective.
office.com/setup
Friday, October 18, 2019 11:21 PM
This is an incredible article. I am pretty much pleased with your work. Thanks a lot for sharing.
office.com/setup
Friday, October 18, 2019 11:21 PM
Your post is very helpful and information is reliable. Thank you so much for sharing this wonderful post.
Maria
Sunday, October 20, 2019 10:27 AM
Wholesale infant Jordans
China football jersey
Cheap MLB jerseys China
Youth softball jerseys wholesale
Max 97
Warriors Chinese new year jersey
Louboutin wedding shoes
Chinese NBA jerseys
Dallas cowboys shirts
Pro bounce 2019
Miami Heat uniforms
Cheap flights to jersey
Nike tee
Yeezy Boost 350 v2 2019 release
Nike orange
Yeezy Boost 350 release 2019
Cheap NFL helmets
Houston rockets Chinese
Wholesale Nike Air Max
Ultra Boost
New Off White
Nike Air Force 1 boots
Free run flyknit 2019
Nike Free rn 2019 women's
Michigan Jordans 2019
Womens Nike flex 2019
Next off white Nike drop
Carolina panthers gear
Yeezy
Nike shoes for girls 2019
Yeezy copper
Nike Air Huarache run ultra men's
Nike air shoes
Curry Chinese new year jersey
New york giants store
Cheap new orleans saints jerseys
NHL shop
Nike Air Max flyknit 2019
Nike uptempo mens
Wholesale NFL jerseys from China
Custom cycling jersey
Warriors Chinese new year jersey
Off white Nike drop
Nike presto extreme womens
Jordans under 100
Nike Air Force 1 2019
Raptors Chinese jersey
Nike deals
Black and white womens Nikes
Thunder jerseys
Jordan release dates april 2019
Ray allen bucks jersey
Yeezy Nike shoes
Chicago bears apparel
Air Max plus
Authentic NFL jerseys China
Huarache shoes
Air Force low
Best cheap NFL jerseys
Christian Louboutin boots
Carolina hurricanes
Best NBA jerseys
Levi Jordans 2019
2019 Nike Free Run
Sf Air Force 1 high
Nike China jersey
Nike bo jackson
NMD
Retro 11 release 2019
Wpg jets
New york giants jersey
Yeezy raffle 2019
Hockey jerseys
Warriors Chinese heritage jersey
Lakers black jersey
Adidas gazelle green
Next Yeezy 2019
Florida panthers
Adidas Originals NMD men
MLB apparel
New Yeezy release 2019
NMD's
Jordan 14 desert sand
Jordan 13 grey
Walking sneaker Nike womens sneakers
Nike Air Max 97
Mens Huarache sneakers
Warriors chinese jersey
Adidas Superstar black
Nike free rn commuter 2019 men's running shoe
Wholesale Jordan shoes from China
Jordan 3 white cement 2019
Vintage hockey jerseys
Cheap Off White shoes
Cheap packers jerseys
Cheap soccer uniforms for teams
Air Max penny
Pandora chain
Black Yeezys
Yeezy january 2019
$20 jerseys from China
Orange Jordan 1
New Air Force 1
Wholesale soccer
Adidas NMD
Golden state warriors chinese jersey
Yankees jersey
Black and white Jordans Retro
Nike zoom live 2019
Denver broncos jersey
Warriors chinese new year jersey
Cheap NHL jerseys China
Wholesale baseball t shirts
Air Max 95
All white Nike presto
NHL hockey jerseys
Jordans dropping today
Soccer team uniforms wholesale
Supreme Nike drop
Stephen curry Chinese new year jersey
Air Max 97
Nike shoes for kids girls
Nike wholesale distributors
NFL jerseys China
New orleans saints jersey
Nike acg boots mens
Duke basketball hoodie
Custom cheer uniforms
Bred toe
Red Yeezys
Jordan katrina
New Pandora charms
Jordan Retro 3 2019
Nike Air Force 1 mid men's
Og NMD
Cheap NHL jerseys
Steelers hoodie mens
Nike 1
NMD primeknit
Wholesale NFL jerseys
Chinese wholesale jerseys
Cheap NFL jerseys wholesale
Cheap steelers stuff
NMD camo
Eagles super bowl shirt
Supreme Nike drop
Washington capitals jersey
Arizona coyotes kachina
Baseball tees wholesale
Nike air griffey max 1
Pandora collection 2019
Nike lunar duckboot
NFL football jerseys
Chicago bears t shirts cheap
$20 jerseys from China
Cheap authentic jerseys from China
Lebron Lakers shirt
Glanbrook rangers
Womens Nike shox clearance
Cheap softball jerseys
Montreal canadiens jersey
Boys white Nike shoes
NFL pro shop
Nike Air Max 2019 girls
Custom lakers jersey
Cheap throwback basketball jerseys
Nike Shox
Womens saints jersey
Nike the ten
Cheap jerseys wholesale online review
Jordan 11 black
Nike retro 2019
NMD r2
NFL store
Nike shoes
Black and purple Nike Air Max 2019
Cavs shop
Lakers jersey
Louboutin shoes price
Nike Air Max uptempo
Nike Free rn motion flyknit 2019
Carolina hurricanes jersey cheap
Derek jeter Jordan 11
Yeezy shoes 2019
Cincinnati bengals
Nike online
Cheap lebron jersey
Cheap NBA jerseys Canada
Steelers baby clothes
Wholesale Jordan shoes
Nike react hyperdunk 2019
Cheap Nike Air Force 1
Adidas NMD r1 womens grey
Cheap basketball jerseys
Youth football jerseys wholesale
Wholesale basketball jerseys
Green Nike sneakers
Fc barcelona custom jersey
Nike tech mens
Cheap NFL jerseys from China free shipping
Cheap NHL jerseys reddit
Jordans coming out in august 2019
Air Max 270
2019 Nike boots
Adidas NMD xr1 2019
Cowboys merchandise
Wholesale Nike shoes
Nike black friday sale 2019
KaChina jersey
NBA uniforms
Best NFL uniforms
Air Huarache run ultra
Toronto maple leafs jersey cheap
Jordan 1 nrg
Nike shoe outlet
Nike Blazer mid
Raiders gear
Bape Adidas collab 2019
Nike shox bb4
Custom uniforms
Browns qb jersey
Jordan trainer st g
Adidas Yeezy
High top af1
Plain jerseys wholesale
Air canada partners
Air Force 1
Cheap NHL jerseys China
Latest Jordans
Nike Foamposite release dates 2019
Womens rams jersey
Cheap NBA jerseys
Blank basketball jerseys
Youth football jerseys wholesale
Off white drop dates
Adidas Canada
Jordan two3
Nike women's Huarache shoes
Custom Jordan 11
Air Max 1 2019
Wholesale jerseys authentic
Cheap NBA jerseys from China
NMD Adidas 2019
Pandora rings sale
Yankees jersey cheap
Jordan 23 is back
MLB jerseys China
Nike no laces
Air Force one shoes
Hockey jerseys men
Nike Air Jordan vii
NMD
Pandora diamond ring
La kings
New york Yankees jersey
Black Nike shoes for girls
Pandora Bracelet
Nike max 2019
Cheap lakers shirts
Nike Air Max 97
Yeezy supply
Yeezy combat boots
Cheap NHL jerseys China
Adidas EQT bask
Adidas tubular kids
Anaheim ducks
11s Jordans 2019
Winnipeg jets store
Adidas shoes NMD
Yeezy shoes for sale
NBA jerseys China
Cheap nfl jerseys china wholesale
Dallas cowboys hoodies cheap
Cheap authentic jerseys from China
Yeezys size 7
Off White Nike zoom fly
New york islanders lines
Nike japan
Lebron James Lakers shirt
Nike Off White hyperdunk 2019
Womens cowboys jersey
Ny rangers
Nike foamposite
Warriors chinese heritage jersey
NMD release
Nike zoom vaporfly
Adidas Canada
Popular Nike shoes
MLB jerseys China
Minnesota vikings jersey
Black friday deals 2019 Nike
La clippers
Cheap NFL jerseys China wholesale
Youth football uniforms wholesale
Nike shox mens
Yeezy moonrock
NMD cs1
Yeezy 2019 release dates
Astros t shirt
Wholesale baseball shirts
Bears orange jersey
Nike zoom structure 20
Toronto maple leafs william nylander
Youth soccer uniforms wholesale
Cheap sports jerseys
Nike toddler shoes
Rocafella Air Force 1
Personalized NFL jerseys
Nike flex 2017
Nike running shoes for men
Rockets shirts
Cheap Jordan 12
Retro 11 2019
Cheap NFL jerseys free shipping
Cyber monday 2019 Nike deals
Air Max 95 sneakerboot
Yeezy Boost v2
Chicago cubs website
Pandora necklace chain
Nike Off White price
Pandora nyc
Baseball tees wholesale
Cheap NFL Nike jerseys China free shipping
Nike Air Force
Nike 720 2019
Adidas NMD og 2019
Sports jerseys from China
NBA gear
Air Max 97
Pandora heart necklace
Nike mens
2019 Nike air
Blue jays de Toronto
Red Nike shoes
Umbc basketball jersey
Christian Louboutin mens dress shoes
Nike black leather shoes
Patriots dog jersey
Lakers uniforms
Nike Air Max 90 2019
Air mags
Saints color rush jersey
Huaraches
Human race
Pandora Bracelet Canada
Shop cheap jersey
Nike react hyperdunk 2019 flyknit
Nike store miami
Pandora ring sizes
2019 Yeezy release
New Jordans for girls
Custom hockey jerseys
Raptors jersey
Dallas cowboys official site
Adidas Originals NMD r2
New 10s Jordans 2019
Nike air zoom 90 it
Pandora rings valentines day 2019
Reddit ottawa senators
Royals jersey
Wholesale baseball jerseys
Christian Louboutin sandals
Blues jersey
Kyrie irving jersey cheap
Womens NMD r2
Reversible basketball jerseys
Pandora disney
Houston rockets Chinese jersey meaning 2018
Yeezy 350 pirate black
Wizards jersey
Custom Nike baseball jerseys
Olive green prestos
NMDS mens
Cowboys starter jacket
Pandora coupons
Adidas gazelle womens pink
Womens black Nike running shoes
Carmelo anthony nuggets jersey
Pandora bracelet sizes
Nike Huarache city
Nike flyknit racer
Custom packers jersey
NFL fleece fabric wholesale
China football jersey
Nike China jersey
New Jordans 2019
Adidas Kanye West
Air Jordan iii
Wholesale jerseys authentic
Jordan 12 olive green
Air Force 1 lv8
Ohio state Nike shoes 2019
Cheap NBA jerseys
Adidas gore tex
Kids football jersey
Jordan 11 tuxedo
Nike Air Max tavas mens
80s Nike shoes
Nike psg
Adidas NMD xr1 womens
Jordan 11 jeter
Wholesale jerseys online
Nike Air Max thea white
Braves jersey
Nike free run flyknit womens
Carolina panthers shirt
Cheap NHL jerseys Canada
Jaguars new uniforms
Nike bear
Michigan Jordan 12
Carolina panthers hoodie
Cheap cowboys gear
Red Sole shoes
Lakers jersey
Cavaliers team shop
Nike toki slip on
NMD primeknit
Cheap NFL jerseys wholesale
Jordan ultra fly 2 low
Custom cheer uniforms
Adidas outlet
Nike racer
Air Max 97 Off White
Richard sherman 49ers jersey
Yeezy release 2019
Nike tailwind 8
Nike Air Force 1 low
Astros jersey
Custom white sox jersey
NBA warm up jackets
Cheap NFL jerseys from China
Timberwolves jersey
Custom jersey maker
Air Jordan 2018
Cheap NFL jerseys not from China
Catalina
Thursday, October 24, 2019 8:59 AM
Pandora Charms

Nike Factory Outlet Store Online

Nike Shoes

Nike Outlet

Adidas Superstar Women

Adidas Sneakers

Kyrie Irving Shoes

Michael Jordan Shoes

Nike Sneakers Outlet

Pandora Outlet

Adidas Stan Smith

NFL Jersey

NFL Jerseys

Cheap Nike Shoes

Fitflop Sandals

Jordan Shoes

Pandora Jewelry

Adidas Shoes

Hermes Belt Men

NFL Shop Official Online Store

Air Max 270

Christian Louboutin Shoes

Asics Running

Adidas Superstars

New Nike Shoes

Ferragamo

Pandora Canada

Pandora

Nike Outlet Online

Jordans Retro

Adidas Shoes

Yeezy Trainers

Nike Air Max 97

Ice Jerseys

Pandora Charms

Pandora

Nike Cortez

Asics Running Shoes

Adidas Sneakers

Nike Sneakers

Nike Factory Outlet

Shop NHL

Cheap Yeezys

Adidas Outlet UK

Puma Outlet Store

Nike Air Max 270 Womens

Nike Outlet Store Online Shopping

Nike Air Max 270 Womens

Nike Clearance Outlet

Nike Clearance Store

Nike Store

Nike Running Shoes For Women

Air Max 98

NFL Store

Adidas UK

Nike Running Shoes For Men

NFL Jerseys

Air Max 2019

Yeezy 550

Nike Trainers Sale

Yeezy Boost

Adidas Trainers

MLB Jerseys

Jordan Retro

Pandora Bracelet Charms

Jordans Sneakers

NFL Shop

Goyard Bags

Adidas Shoes

Puma Shoes

Red Bottoms

Goyard

Nike Shoes 2019

Nike Outlet

Air Jordan Retro

Yeezy Sneakers

Air Max 2019

Asics Gel Nimbus

Air Force 1

Adidas Outlet Online

Pandora Jewelry Official Site

Adidas NMD R2

Ultra Boost

Nike Outlet Store

Red Bottom Heels

Yeezys

NMD

Adidas Shoes For Men

Nike Air Force

Air Max 270

Nike Free

Adidas Outlet

Adidas UK

Basketball Shoes Nike

Lebron 16

Nike Air Max 97

Pandora Charms

Pandora Jewelry Black Friday

Yeezy

Christian Louboutin Shoes

NFL Shop Official Online Store

Nike Air Max 720

NFL Shop

Ferragamo

Christian Louboutin

Yeezy 500

Yeezy Shoes

MLB Jerseys

Yeezy Boost 350 V2

Skechers Shoes

NFL Fan Shop

Nike Outlet Online

Fila Disruptor

Fjallraven

NFL Store Online Shopping

Pandora Outlet

Nike Store Online

Nike Air Max 720

Yeezy

Pandora Jewelry

Goyard Bag

NFL Jerseys

Adidas NMD R1

Asics Outlet Online

Cheap Basketball Shoes

Nike Outlet

Adidas Superstar

NHL Store Online

Pandora Charm

Cheap NFL Jerseys

Pandora Charms

Lebrons Shoes

Pandora Necklace

Nike Shoes

Nike Clearance

Adidas Superstars

Nike Air Max 95

Asics Shoes

Kevin Durant Shoes

Adidas Shoes 2019

NMD

Golden Goose Sneakers

Christian Louboutin Shoes

Louboutin Outlet

Red Bottom Shoes For Women

Basketball Shoes

Nike UK

Timberland Pro Work Boots

Adidas UK

Louboutin Shoes

Moncler Official Site

Nike Zoom

Nike Off White

Ultra Boost

Nike Air Max 95

Christian Louboutin

Adidas Outlet

Pandora Bracelets

Nike Shoes

Pandora Jewelry

Adidas Store

Fila Sandals

Fila Shoes For Men

Nike Cortez

Yeezy 500 Utility Black

Cheap Nike Shoes

Valentino

New Shoes 2019

Adidas Outlet

Nike Factory Store

Nike Air Max 720

Nike Sneakers

Adidas Trainers

NMD Adidas

Balenciaga

Adidas Factory

NBA Jerseys

Air Jordans

Nike Shoes

NBA Jerseys

Air Max 270 Women

Shoes For Women

Christian Louboutin shoes

Asics

Nike Factory Outlet

Womens Nike Shoes

Air Max

Red Bottoms

Nike Air Max 720

Pandora Charms Sale Clearance

Nike Shoes

Nike Air Max 98

Pandora Rings Official Site

Pandora Bracelets

MLB Fan Shop

Nike Outlet Store Online Shopping

Pandora Rings

Yeezys Boost 350 V2

Pandora Earrings

NBA Shop

Air Jordans

Kanken Backpack

Louboutin Outlet

Off White

Nike Sneakers For Men

Nike Factory Outlet

Asics Running Shoes For Women

NFL Gear

Nike Outlet Store

Lebron Shoes

Christian Louboutin Shoes

Nike UK

Nike Clearance Outlet UK

Nike Outlet Store Online Shopping

Nike Air Max 270

Ultra Boost

NBA Jerseys

Ferragamo Shoes

Asics

Nike Clearance

Nike Shoes For Men

Nike Air Max

Nike Outlet Store Online Shopping

Ultra Boost Adidas

Valentino

Adidas Ultra Boost Women

Adidas NMD R1

Vans

Hermes Handbags

Red Bottom Shoes

Adidas Yeezy

KD 11

Nike Shoes

Pandora Jewelry

Adidas Yeezy

Adidas Sneakers

Adidas Originals Superstar

MLB Shops

Fjallraven Backpack

Nike Sneakers

Nike Air Max 270 Women

MLB Store

Pandora Outlet

Balenciaga

Valentino

Yeezy Shoes

Yeezy Shoes

Nike Lebron 16

Nike Outlet Store

Nike Outlet Store

Adidas NMD

Pandora Bracelet

Nike Shoes

Nike Outlet Store Online Shopping

Best Nike Running Shoes
norton.com/setup
Tuesday, October 29, 2019 10:59 PM
thanks for sharing such an amazing information
norton.com/setup |
norton.com/setup |
office.com/setup |
norton.com/setup
McAfee.com/activate
Monday, November 4, 2019 2:10 AM
I would like to thank you for the high level and informative article with us. I hope you and we will be sharing more ideas and keep writing more like this one.
Norton.com/setup | Norton.com/setup
slot
Wednesday, November 13, 2019 9:55 PM
Is a very interesting article to read.
raju
Monday, November 18, 2019 3:03 AM


Nice blog, the article you have shared is good.This article is very useful.
max pumma SMD machine

samsung charging ic

power ic online

fa 11 oca machine

buy freezer online

mobile repairing tool kit

samsung power IC

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above:

There are gold and diamonds that have to caiso replica watches be earned, and it is rolex replica uk still very interesting to say that the replica watch table that embodies the taste of men has rolex replica watches either gold or diamonds.
Levitra Vademecum,vademecum Levitra Generico,levitra 5 Mg Vademecum levitra vademecum Buy Kamagra Australia,Buy Kamagra Online Australia,Buy Kamagra Jelly Australia,Buy Kamagra Sydney,Kamagra Sydney kamagra australia Kamagra Ireland Shop,Kamagra Ireland,Kamagra Ireland Legal,Kamagra Jelly Ireland,Kamagra Online Ireland,Kamagra Northern Ireland kamagra ireland Viagra For Sale In Ireland,sildenafil For Sale In Ireland,herbal Viagra For Sale In Ireland,viagra For Sale In Northern Ireland viagra ireland Super Kamagra Australia,Buy Super Kamagra Australia,Super Kamagra Online super kamagra australia Kamagra Oral Jelly Perth,kamagra Oral Jelly Australia Paypal,kamagra Oral Jelly Australia kamagra oral jelly perth