Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Profil Sekolah/Madrasah/Pesantren

Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Al-Ma’arif Sintang, Wajibkan Murid Tinggal Di Pondok Pesantren

Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Al-Ma’arif Sintang, Wajibkan Murid Tinggal Di Pondok Pesantren

Madrasah Aliyah Al-Ma’arif Sintang merupakan salah satu pendidikan formal di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang. Pesantren tersebut berdiri di atas lahan dengan luas tanah 2.765 m2 dan luas bangunan 1.152 m2. Status tanah waqaf dari para tokoh NU dan tanah hibah dari pemerintah daerah Sintang. Berdirinya madrasah yang berlokasi di Jalan Akyasa 3 Kelurahan Alai Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat ini diiniasi oleh beberapa tokoh NU Kabupaten Sintang, di antaranya; Drs. H. M. Ghozali, MH, H. Alwi Wahab, H. Abdul Malik, dan beberapa sesepuh NU lainnya pada 1 Mei 1996.

Awal mula MA ini didirikan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan dai yang mampu berkhutbah dan saat itu mulai menempati bangunan Madrasah Ibtidaiyah Al-Ikhlas yang sudah lama tidak terpakai. Madrasah yang memiliki 207 siswa dengan rombel delapan kelas ini mewajibkan semua siswanya untuk bermukim di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang, sehingga kegiatan belajar mengajar di luar jam sekolah dan kegiatan sehari-harinya dapat terkontrol dengan baik. Para siswa yang bermukim pun tidak hanya mendapatkan wawasan umum melainkan mendapatkan wawasan agama, kitab, dan alquran dengan berbagai program kegiatan diniyah yang ada di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang. Sebagian besar siswa dari madrasah ini berasal dari lima kabupaten di wilayah timur Kalimantan Barat, yaitu Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawai, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sekadau.

Sebagai madrasah yang cukup lama, MA Al-Ma’arif Sintang terus mengadakan inovasi di segala bidang dalam mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang modern. Selain itu, untuk memenuhi tuntutan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat saat ini, baik dari segi kurikulum, kegiatan belajar mengajar, dan sarana prasarana sebagai penunjang kegiatan siswa, serta manajemen pengelolaan yang terus dibenahi demi terwujudnya generasi yang unggul dalam segala bidang. Dalam hal ini dibuktikan dari status madrasah dengan Terakreditasi A dan sudah UNBK.

Adapun kurikulum yang diterapkan pada pembe-lajaran madrasah ini adalah KTSP, K13, dan kurikulum pesantren. Untuk menunjang kegiatan belajar di madrasah ini menghadirkan guru-guru yang sudah profesional dalam bidangnya masing-masing, sejumlah 25 tenaga pengajar dan 5 staf administrasinya turut berperan penting dalam mencetak generasi yang unggul.

Untuk mewadahi segala kegiatan siswa dalam bidang akademik dan non akademik, maka madrasah ini memiliki sarana dan prasarana yang sangat memadai, seperti perpustakaan, laboratorium komputer berbasis wifi, lapangan olah raga, kendaraan operasional, asrama putra dan putri, pro-yektor dan tempat olah raga.

Sementara itu, keberhasilan yang diraih oleh madrasah ini tidak lepas dari para pimpinan-pimpinan yang telah didaulat sebagai kepala sekolah pertama sampai pada tahun ini. Drs. M. Ghozali merupakan kepala sekolah pertama yang memulai masa perintisan dalam membangun berlangsungnya kegiatan belajar mengajar di madrasah ini. Selanjutnya, dipimpin oleh Drs. Edi Sunaryo, Bagio Sugiarto, SE, M. Ghufron, Awam Sanjaya S.Sos. I, Juwari, Khoirul Huda, S.S, Damri, S.Pd.I, dan Nurul Hidayat, S.PD.I yang saat ini menerima tongkat estafet kepemimpinan sebagai kepala sekolah madrasah hingga tahun ini.

Dalam keberlangsungan menjalankan kegiatan belajar mengajar di madrasah ini maka digagaslah sebuah visi dan misi sebagai acuan dasar dalam mengembangkan sekolah dengan tujuan lebih baik. Adapun visi yang dicanangkan adalah “Terwujudnya madrasah yang unggul dalam iman, prestasi, terampil, dan berakhlakul karimah”.

Demikian pula misi yang diusung adalah mewujudkan pembelajaran dan pembiasaan dalam mempelajari alquran dan menjalankan ajaran agama Islam, menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas dalam pencapaian prestasi akademik dan non akademik, meningkatkan keterampilan siswa dalam memanfaatkan kemajuan teknologi dan informasi, mewujudkan pembentukan karakter Islami yang mampu meng-aktualisasikan diri dalam masyarakat, meningkatkan pengetahuan dan profesi-onalisme tenaga kependidikan sesuai dengan perkembangan dunia pendidikan, dan menyelenggarakan tata kelola madrasah yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

Tujuan yang ingin dicapai dalam pengelolaan dan pendidikan madrasah ini adalah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai sekolah yang berciri khas Islam, nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, wawasan IPTEK yang mendalam dan luas, motivasi dan komitmen yang tinggi untuk mencapai prestasi dan keunggulan serta memiliki kepribadian yang kokoh, kepekaan sosial dan kepemimpinan, disiplin yang tinggi dan ditunjang oleh kondisi fisik yang prima.

Semakin banyaknya minat masyarakat dalam menyekolahkan putra putrinya ke madrasah ini tak lepas dari berbagai program unggulan yang telah berlangsung di madrasah ini. Terkait keunggulan madrasah ini di antaranya telah terakreditasi A dan sudah UNBK, pembinaan minat bakat, Program Tahasus Tahfidz Alquran dan Am-tsilati, pembinaan dan pengasuhan dipegang langsung oleh wali kelas dan wali asuh sehingga siswa lebih terkontrol.

Tak kalah dengan madrasah lainnya, MA Al-Ma’arif Sintang ini juga memiliki segudang prestasi dan beasiswa ke jenjang Perguruan Tinggi baik dalam negeri maupun luar negeri. Banyak prestasi yang diraihnya adalah juara 3 pada perlombaan Tari Daerah pada Perwimanas Ma’arif NU di Magelang tahun 2017, juara 1 madrasah Singer Putri Tingkat Provinsi Kalimantan Barat tahun 2015, Juara 2 Pospeda Tenis Meja Tingkat Provinsi tahun 2016, Juara 3 Tari Dayak Terbaik Tingkat Nasional, dan Juara 2 Olimpiade Sains Bidang Matematika tingkat provinsi tahun 2017.

Bagi siswa yang berprestasi pun memiliki peluang besar dalam mendapatkan beasiswa di perguruan tinggi negeri dan swasta hingga luar negeri. Adapun beasiswa yang bisa didapatkan melalui madrasah ini adalah Beasiswa Kedokteran Unisma, Beasiswa Keperawatan UIN Jakarta, Beasiswa Agro-bisnis dari Thailand.

MTS AL-Ma’arif 3 Sintang

Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif 3 Sintang telah didirikan sejak 16 Juli 2001. Sebelumnya Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif 1 telah didirikan di Kecamatan Belimbing sedangkan Madrasah Tsanawiyah Al-Ma’arif 2 berlokasi di Kecamatan Binjai Hulu. Namun, mengingat masih minimnya lembaga pendidikan MTs pada saat itu, maka atas segala upaya para tokoh Nahdlatul Ulama dan permohonan warga nahdiyin Kota Sintang, MTs Al-Ma’arif 3 Sintang telah berhasil didirikan dan beroperasional dengan baik. Selain itu, siswa yang menempuh pendidikan di MTs Al-Ma’arif juga dapat melanjutkan pendidikan ke MA Al-Ma’arif Sintang yang telah terlebih dahulu didirikan pada tahun 1996. Kedua lembaga pendi-dikan tersebut berdiri di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang.

Hj. Iim Faiqotul Himmah, S. Ag merupakan kepala sekolah pertama yang didaulat untuk memimpin MTs Al-Ma’arif 3 Sintang pada awal mula perintisan di tahun 2001. MTs Al-Ma’arif yang saat ini berlokasi di Jalan Akcaya 3 Kelurahan Alai Kecamatan Sintang Kabupaten Sintang Provinsi Kali-mantan Barat ini dilanjutkan oleh Sri Parastuti, SE sebagai kepala sekolah periode kedua. Sedangkan periodenya selanjutnya dilanjutkan oleh Sih Sarwodadi Teguh, S.Pd dan selanjutnya MTs Al-Ma’arif 3 dipimpin oleh Slamet Arda Billy, S.Pd.I yang menjabat sebagai kepala sekolah sampai tahun ini.

Berkat kerja keras secara terus menerus dari seluruh komponen yang ada, prestasi demi prestasi telah berhasil diraih oleh MTs Al-Ma’arif 3 Sintang. Sehingga, banyak menarik perhatian masyarakat luas untuk menyekolahkan putra putrinya ke sini. Sebagian besar siswa dari MTs Al-Ma’arif 3 ini berasal dari lima kabupaten di wilayah timur Kalimantan Barat. Seperti halnya, Kabupaten Sintang, Kabupaten Melawi, Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sang-gau dan Kabupaten Sekadau.

Tidak hanya itu, siswa yang menuntut pendidikan di MTs Al-Ma’arif 3 ini diwajibkan untuk tinggal di Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang. Agar kegiatan sekolah di MTs tersebut dan kegiatan sehari-harinya di luar jam sekolah lebih terkontrol dengan ditunjang kegiatan diniyah yang dibina oleh ustadz dan ustadzah yang berkompeten di bidangnya. Pada kegiatan diniyah ini banyak mengkaji kitab untuk memperdalam wawasan agama Islam setiap harinya. Sehingga, siswa tidak hanya dibekali pengetahuan umum saja melainkan juga berfokus pada pengem-bangan generasi muda Islam yang memiliki iman kuat, ilmu yang luas, prestasi yang bagus, dan akhlak yang mulia. Sehingga mampu menumbuhkan karakter yang baik sebagai modal untuk menyong¬song masa yang akan datang.

MTs Al-Ma’arif 3 Sintang ini memiliki Nomor SK berdiri, yaitu 462 Tahun 2016 de-ngan status Swasta Terakreditasi A. Sedangkan Nomor Statistik Madrasah adalah 121261050003 dan Nomor Pokok Sekolah Nasional yaitu 30112367. MTs ini berdiri di atas lahan dengan luas tanah 2.765 m2 dan memiliki luas bangunan 1.152 m2, sehingga lahan yang sangat luas ini mampu mencukupi untuk berbagai ruang dan lahan dalam proses belajar mengajar.
Untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan maka MTs Al-Ma’arif 3 mengusung visi yaitu “Terwujudnya peserta didik yang khairu ummah dan unggul di bidang pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) serta keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT (Imtaq). Sedangkan misi yang digagas yaitu, mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari, melaksanakan proses pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif, menyenangkan, mengesankan, dan bermakna, menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah yang dilandasi sikap tawadhu, menjalin hubungan masyarakat yang harmonis dan bermartabat, dan terakhir adalah mendorong terlaksananya kegiatan penelitian sederhana dalam bidang sains dan teknologi.

Lembaga pendidikan Ma’arif NU di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ma’arif Sintang ini juga menjujung tinggi motto yang menjadi pondasi dasar dalam memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada siswa dan masyarakat luas, yaitu “Pelayan Prima dengan Senyum, Sapa, Semangat, Sahabat, dan Sopan Santun”.

Terkait dengan sistem pembelajaran yang berlangsung di MTs Al-Ma’arif 3 ini menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), K13, dan Kurikulum Pesantren. Sementara itu, untuk menunjang segala kreativitas siswa baik secara akademik dan non akademik maka MTs Al-Ma’arif 3 memberikan fasilitas yang sudah memadai untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar berupa sarana dan prasarana, seperti ruang kelas, perpustakaan, laboratorium kompu¬ter berbasis WIFI, lapangan olah raga, kendaraan operasional, asrama putra dan putri, proyektor, dan fasilitas olah raga. Hal itu bertujuan untuk mewadahi segala potensi para siswa dengan berbasis teknologi modern. Dengan dilengkapi sarana dan prasarana yang cukup sekolah ini mengadakan berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti Marching Band, Palang Merah Remaja, Pramuka, Rebana, Muhadoroh, Paskibra, Bela Diri, Seni Tari, Group Band, Kaligrafi, dan Tilawah.

Tak kalah dengan lembaga pendidikan lainnya, maka MTs Al-Ma’arif juga memiliki program-program unggulan yang patut diapresiasi, yaitu lembaga yang sudah me-miliki status Terakreditasi A, kelas putra dan putri terpisah, pembinaan minat dan bakat, Program Tahasus Tahfidz Quran dan Am-tsilati, pembinaan dan pengasuhan di pegang oleh wali kelas dan wali asuh sehingga kegiatan siswa lebih terarah dan terkontrol setiap harinya.

Untuk mendukung segala program kegiatan sekolah, sekolah menyediakan 26 guru pengajar profesional, 2 staf administrasi, dan 1 petugas piket. Sedangkan sampai pada tahun ini jumlah keseluruhan siswa putra sebanyak 155 siswa dan jumlah siswa putri sebanyak 136 siswi dari berbagai wilayah Kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur.

Sejak delapan tahun terakhir, MTs Al-Ma’arif semakin mengibarkan prestasinya di bidang akademik dan non akademik. Sehingga, tak jarang nama-nama siswa perwakilan dari MTs Al-.Ma’arif 3 ini turut berkontribusi besar dalam menjuarai berbagai kompetisi yang diadakan di tingkat kabupaten, provinsi, hingga ke tingkat nasional. Seperti halnya sebagai berikut, di tahun 2010 perwakilan sekolah ini dinobatkan sebagai juara 1 pada Kompetisi Hafalan Juz Amma tingkat kabupaten, tahun 2011 menjuarai Kompetisi di bidang Kaligrafi pada Acara Festifal Anak Sholeh Indonesia yang berhasil menduduki posisi pertama tingkat kabupaten, di tahun yang sama pada Kompetisi Pidato dalam Bahasa Arab pada Acara Expo Madrasah berhasil mendapat juara kedua tingkat kabupaten, di tahun 2012 pada Kompetisi Festival Takbir Idul Adha 1433 H telah dinobatkan sebagai juara pertama di tingkat Kabupaten, tahun berikutnya 2013 Kompetisi Tari Daerah yang diselenggarakan oleh PERGAMANAS Cirebon berhasil meraih juara ke tiga di tingkat nasional.

Selanjutnya di tahun 2015, Kompetisi MTQ pada Acara AKSIOMA akhirnya menjuarai tingkat kabupaten pada juara pertama, di tahun 2016 Kompetisi Tenis Meja pada Acara POSPEDA telah menjuarai tingkat provinsi pada urutan ketiga, di tahun yang sama pada Acara MILAD STAIMA ke-13 di Kompetisi Hadrah/Rebana berhasil meraih juara ke tiga di tingkat kabupaten, selanjutnya di tahun 2017 sekolah ini kembali menjadi juara ke tiga para Kompetisi GUDEP Tergiat Penggalang pada HUT BP-190 tingkat kabupaten, dan di tahun yang sama pula sekolah ini mendulang prestasi pada Kompetisi Karate Putri di tingkat kabupaten yang berhasil menjadi juara ke ti-ga.

Deretan prestasi yang telah berhasil diraih berkali-kali setiap tahunnya seolah tak pernah absen dari prestasi juara, sekolah ini membuktikan bahwa jajaran sekolah dan pimpinan sekolah terus berupaya untuk menunjang kreativitas dan prestasi siswa dengan mengikuti berbagai kompetisi. Kerja keras dan berbagai tantangan tak menyurutkan semangat mereka untuk terus me-ngobarkan prestasi di luar sekolah. Sehingga, adanya sekolah ini turut berkontribusi besar dalam pembangunan Sumber Daya Manusia baik di dalam kabupaten maupun di luar kabupaten.

Hingga saat ini keberadaan MTs Al-Ma’arif mendapat perhatian masyarakat terkait prestasi para siswanya dan program kegiatan sekolahnya. Madarasah ini berhasil mencetak para siswanya mampu berdaya saing dalam bidang akademik maupun non akademik. (Ina Mubayyinah)




Tag:

Related Images

  • Madrasah Aliyah dan Tsanawiyah Al-Ma’arif Sintang, Wajibkan Murid Tinggal Di Pondok Pesantren

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Name (required)

Email (required)

Website

CAPTCHA image
Enter the code shown above:

Galeri Foto
Pemukulan Bedug tanda Pembukaan Perwimanas I
dddd
Gale-32
Gale-33