Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

SMA Ma’arif NU 04 Kendal Sulap Sampah Jadi Kompos

SMA Ma’arif NU 04 Kendal Sulap Sampah Jadi Kompos

Kendal, Ma’arif online – Pelajar SMA Ma’arif NU 04 Kangkung Kabupaten Kendal mengadakan program pengolahan sampah bekas menjadi barang yang berguna. Program ini dilaksanakan karena melihat banyaknya sampah yang ada di tengah masyarakat yang terbuang sia-sia. Oleh sebab itu, peluang inilah yang diambil Siswa-Siswi dari kelas XI IPS untuk dapat mengolah sampah tersebut menjadi barang yang berguna seperti pembuatan kompos yang terbuat dari sampah dedaunan.

Manfaat dari pembuatan kompos sendiri adalah membantu menyuburkan tanah dan tanaman kemudian menekan pengeluaran dalam bercocok tanam,membuat tanaman menjadi subur,tumbuh serempak,dan cepat berbuah.

Kegiatan ini dilakukan diawali dengan pengumpulan sampah yang ada di sekitar SMA MA’ARIF NU 04 KANGKUNG yang kemudian ditindaklanjuti dengan pencacahan sampah-sampah yang ada, kemudian sampah tersebut ditampung pada bak penampung dan diberikan bakteri cair yang telah dicampur dengan gula merah dan dilarutkan dalam air, kemudian disimpan dan diamkan di tempat yang lembap, setelah itu ditunggu selama satu minggu sampai sampah tersebut busuk.

Muhammad Hasif Abdullah, S.Pd menuturkan bahwa Kegiatan ini berasal dari tugas geografi yang diberikannya sebagai formula untuk melakukan sesuatu yang baru dan menerapkannya di lingkungan masyarakat sekaligus untuk mengurangi banyaknya sampah yang ada di masyarakat.

Ia mengatakan bahwa program ini dapat diterapkan di masyarakat dan dapat merubah pola pikir yang sebelumnya menggunakan pupuk kimia agar bisa menjadi pupuk organik/kompos.

Guru Geografi SMA Ma’arif NU 04 Kangkung ini juga menambahkan bahwa program pengolahan sampah bekas ini selain sebagai aksi tanggap lingkungan juga dapat dijadikan peluang usaha bagi siswa-siswi.

“Jelas Manfaat program ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha dari barang yang tak berguna menjadi barang yang bernilai ekonomis sekaligus menyadarkan masyarakat dan siswa khususnya akan pentingnya kebersihan dan bahaya yang ditimbulkan dari sampah,” imbuhnya. (diunduh dari Liputan Kendal.com)


Tag:

Related Images

  • SMA Ma’arif NU 04 Kendal Sulap Sampah Jadi Kompos

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.