Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Ketua LP Ma'arif NU: Peran Negara Penting Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Ketua LP Ma'arif NU: Peran Negara Penting Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Jakarta, Ma’arif-NU Online – Meski kemandirian menjadi semangat besar Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (LP Ma’arif NU), namun peran negara penting terus ditingkatkan untuk membantu peningkatan kualitas sekolah dan madrasah Ma’arif.

Demikian dinyatakan Ketua LP Ma’arif NU Pusat KH.Z.Arifin Junaidi, saat berbicara sebagai nara sumber pada Halaqoh Ulama Untuk Pendidikan dan Kaderisasi Santri, berlangsung di Hotel Salak Tower, Jl. Kebon Raya, Bogor, Jum’at (19/5/2017) siang.

Ketua LP Ma’arif NU pada kesempatan itu, menyampaikan berbagai permasalahan termasuk perkembangan satuan pendidikan (sekolah dan madrasah) di lingkungan lembaga yang dipimpinnya.

Menurut Kiai Arifin, kontribusi Ma’arif NU bagi pendidikan di Indonesia cukup besar. Maka, meski kemandirian menjadi semangat besar Ma’arif NU, namun peran negara penting terus ditingkatkan untuk membantu peningkatan kualitas sekolah-sekolah Ma’arif.

“Apalagi saat ini LP Ma’arif NU sedang berkonsentrasi untuk mengupayakan pembangunan sekolah dan madrasah Ma’arif NU di daerah 3 T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar),” tukas Kiai Arjuna panggilan mantan Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB tersebut.

Ketua LP. Ma'arif NU Pusat juga memaparkan kondisi riil dan kontemporer yang dihadapi oleh sekolah dan madrasah di bawah naungan LP. Ma'arif NU. Menurut beliau dengan jumlah yang sangat besar rata-rata madrasah ini masih harus terus disupport untuk memenuhi 8 standar pendidikan. Meskipun pada kenyataannya ada beberapa lembaga yang sudah maju.

Namun infrastruktur ke arah tersebut terus diupayakan, misalnya dengan melakukan pemetaan potensi sekolah dan madrasah Ma'arif melalui Sistem Informasi Pendidikan Ma'arif NU (Sipenmanu). Upaya peningkatan mutu peserta didik juga dilakukan dengan berbagai event pendidikan yang diselenggarakan oleh LP. Ma'arif NU, misalanya OSM (Olimpiade Sains Ma'arif) dan Porsema (Pekan Olahraga dan Seni Ma'arif). Selain itu kegiatan yang bersifat pembentukan karakter juga terus dilakukan melalui Pergamanas (Perkemahan Penggalang Pramuka Ma'arif NU Nasional) dan Perwimanas (Perkemahan Wirakarya Pramuka Ma'arif NU Nasional).

Halaqah Ulama yang dilaksanakan tanggal 18 - 20 Mei 2017 bertempat di Hotel Salak Tower tersebut, Kamis kemarin dibuka oleh Ketua Umum MUI Pusat, DR.KH.Ma’ruf Amin dan menghadirkan Menteri Agama H. Lukman Hakim Saefudin sebagai narasumber kunci.

Peserta yang hadir pada Halaqah Ulama itu sebanyak 80 orang. Terdiri dari 30 orang utusan Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Tingkat Provinsi se Indonesia, selebihnya para pengasuh pesantren dan lembaga pendidikan Islam.

Tujuan kegiatan yang diselenggrakan MUI Pusat ini, dalam rangka menginventarisir masalah, kendala dan tantangan penyelenggaraan pendidikan Islam sebagai wadah kaderisasi ulama di Indonesia. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk merumuskan solusi kaderisasi ulama masa depan.

Menteri Agama Lukman Hakim Syaifuddin dalam sambutannya berpesan dua hal, pertama, pemerataan kualitas pendidikan islam pada madrasah-masrasah yang bernaung di bawah Kementerian Agama, khususnya antara negeri dan swasta serta perkotaan dan pedesaan. Sebab beliau melihat kenyataan adanya madrasah-madrasah di Timur Indonesia yang serba kekurangan.

Kedua, beliau menekankan terhadap pentingnya kearifan dalam penggunaan sosial media khususnya di kalangan pelajar. Paling tidak ada dua hal yang perlu diantisipasi dari sosmed, yaitu berita hoax dan isu radikalisme maupun terorisme. Lebih-lebih terkait dengan radikalisme belum lama ini dilansir sebuh hasil survey oleh lembaga survey yang kredibel, bahwa 1 dari 14 pelajar di Jakarta & Bandung setuju dengan Gerakan ISIS. Pak Lukman (sapaan akrab Menteri Agama) meminta kepada peserta halaqoh agar membuat guidance bagi peserta didik dalam penggunaan sosmed. (Susanto/Reza)



Tag:

Related Images

  • Ketua LP Ma'arif NU: Peran Negara Penting Untuk Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.