Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

LP Ma'arif NU Gelar Madrasah Ramadhan Seribu Anak Du’afa - Yatim Piatu Se Jabodetabek

LP Ma'arif NU Gelar Madrasah Ramadhan Seribu Anak Du’afa -  Yatim Piatu Se Jabodetabek

Jakarta, Ma'arif-NU Online - Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Pusat menggelar Madrasah Ramadhan untuk seribu anak dhu'afa dan yatim piatu se Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi, berlangsung tanggal 9- 13 Juni 2017 yang ditempatkan di Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari, Jakarta Barat.

Kegiatan yang dikemas dalam Doa Anak Untuk Negeri dan berlangsung selama 4 hari tersebut, melibatkan 100 orang pendamping dari kalangan Ma'arif dan para mahasiswa untuk membina anak-anak yang rata-rata masih duduk di bangku sekolah dasar. Madrasah Ramadhan yang mengambil tema "Indahnya Ramadhan," rencananya akan dibuka Ketua Umum PBNU Prof.Dr.KH.Said Aqil Siradj pada hari Jum'at, (9/6/2017) sore.

Menurut Sekretaris LP Ma'arif NU Pusat Harianto Oghie, maksud diselenggarakannya kegiatan ini untuk menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan anti kekerasan terhadap perempuan dan anak. Terutama, tambah Oghie, untuk menyampaikan ajaran Islam kepada umat yang selama ini hampir terlupakan/terpinggirkan (masyarakat yang ada di kampung-kampung kota Jakarta, lokasi para perantau tempat kumuh lainnya).

"Selain untuk menunjukan terhadap mereka bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam (rahmatan lil alamin) bukan hanya untuk kalangan tertentu an sich. Juga dalam rangka menyadarkan semua kalangan bahwa anak adalah generasi penerus yang harus diselamatkan dari berbagai macam bahaya yang dapat merusak masa depannya," tandas Harianto.

Serangkaian kegiatan yang diikuti 1000 peserta terdiri dari anak-anak usia 9-15 tahun se-Jabodetabek tersebut, meliputi: 1) Ceramah Keagamaan. Kegiatan ini berupa ceramah atau siraman rohani dari para da’i atau penceramah. Kegiatan ini ditujukan agar peserta mendapat arahan yang bersandar pada ajaran Islam untuk dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

2) Penampilan dari seniman. Penampilan yang berbentuk musik, lagu dan gerak yang indah dan bernuansa religi dan mengajak anak- anak untuk tetap waspada dalam segala bentuk tindak kekerasan yang disediakan oleh panitia.

3) Kuiz dan Games keagamaan. Dilakukan sebagai penyemangat dan ikatan persaudaraan serta mengasah rasa sportifitas serta hiburan satu sama lain dengan mendapatkan hadiah-hadiah yang menarik yang kami sediakan.

4) Mendongeng. Metode ini dinilai cukup efektif dalam menyampaikan pesan-pesan kehidupan kepada anak-anak.

5) Simulasi. Cara ini diadakan sebagai latihan untuk pencegahan. 6) Sholat Berjamaah dan mengaji ayat suci Alqur’an. Dilakukan mulai dari sholat Dzuhur, ashar, maghrib, isya dan taraweh berjamaah serta belajar mengaji. 7) BukaPuasa dan Sahur Bersama. Menciptakan kebersamaan yang indah di bulan suci Ramadhan ini bahwa Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin dan indah untuk kebersamaan dan mempererat tali silaturrahim.

8) Pembagian Bingkisan. Sebagai buah tangan dan ucapan terima kasih bagi para peserta yang sudah meluangkan waktunya untuk kebersamaan yang indah ini. Dan mencari keberkahan dalam berbagi rezeki. 9) Berbagai Macam Perlombaan. Seperti lomba Adzan, membaca surah pendek, bacaan sholat dll.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini antara lain menciptakan anak – anak Indonesia yang beriman dan BerkeTuhanan Yang Maha Esa, tangguh, berahklak mulia, Bertakwa, Berbangsa dan Bernegara serta berbudaya untuk menghadapi hari esok penuh harapan. wago


Tag:

Related Images

  • LP Ma'arif NU Gelar Madrasah Ramadhan Seribu Anak Du’afa -  Yatim Piatu Se Jabodetabek

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.