Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Sikapi Kebijakan Lima Hari Sekolah, Kemenag Gelar FGD

Sikapi Kebijakan Lima Hari Sekolah, Kemenag Gelar FGD

Jakarta, Ma’arif-NU Online – Kebijakan pemerintah tentang Lima Hari Sekolah (FDS) yang disinyalir akan tetap dilaksanakan, belakangan telah mendapat kritikan dan protes dari kalangan masyarakat di berbagai daerah. Bahkan tak sedikit masyarakat yang mengambil sikap menolak keras Kebijakan tersebut.

Menyikapi banyaknya penolakan lapisan masyarakat atas kebijakan pemerintah tersebut, Kementerian Agama RI perlu meneyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) guna membahas pokok persoalan yang berkembang tentang FDS. FGD berlangsung di Hotel Angkasa, Jakarta, Jum’at (4/8/2017).

Hadir sebagai nara sumber dalam FGD yang diikuti segenap pejabat Eselon Kemenag diantaranya, Direktur PAIS yang juga merangkap PLt Direktur Madrasah H.Imam Syafe’i, Ketua LP Ma’arif NU KH.Z.Arifin Junaidi, dan lainnya.

Pada kesempatan berbicara di forum FGD tersebut, KH.Z.Arifin Junaidi memaparkan tentang alasan mengapa LP Ma’arif NU bersikeras menolak kebijakan FDS yang dikeluarkan Mendikbud waktu itu. Menurutnya cukup sederhana, kondisi anak didik kita itu berbeda-beda tidak semuanya cukup dan mapan. Bahkan, lanjutnya, tidak sedikit diantara anak-anak itu masih harus membantu orang tuanya yang kurang mampu dengan bertani, berdagang, berjualan, dan sebagainya.

“Sepulang sekolah anak-anak baik di perkotaan maupun di pedesaan, masih banyak yang harus ikut membantu mengurangi beban orang tuanya dengan bertani, berdagang, berjualan semata-mata untuk ikut mencari rejeki. Termasuk kesempatan waktu anak-anak untuk bermain dengan teman-temannya,” ungkap Kiai Arifin.

Pembahasan yang berkembang dan cukup serius dalam forum FGD itu, diantaranya sempat dibahas tiga draft atau versi tentang FDS yang dikeluarkan pemerintah. Setelah berdiskusi cukup panjang forum FGD berakhir menjelang petang. Wago


Tag:

Related Images

  • Sikapi Kebijakan Lima Hari Sekolah, Kemenag Gelar FGD

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.