Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Mantan Ketua LPNU H. Basofi Sudirman Tutup Usia

Mantan Ketua LPNU H. Basofi Sudirman Tutup Usia

Jakarta, Ma’arif-NU Online – Mantan Gubernur Jawa Timur periode 1993-1998 yang juga mantan Ketua Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU), H. Basofi Sudirman, tutup usia di Rumah Sakit Medistra, Jakarta Selatan, Senin (7/8/2017).

Pria yang juga dikenal dengan lagunya “Tidak Semua Laki-Laki”, pernah menjabat Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 1987-1992 itu, menghembuskan napas terakhir pada usia 76 tahun sempat dirawat di rumah sakit sejak Mei 2017.

Beliau meninggal dunia di RS Medistra pukul 11.00 WIB akibat penyakit yang sudah lama dideritanya, Jenazah Mayjen TNI (Purn) Basofi Sudirman lalu dibawa ke di rumah duka, tiba di Komplek IAPCO, Kemang Timur, Jakarta Selatan, pukul 14.00 WIB dengan iringan mobil jenazah RS Medistra, Jakarta Selatan bersama keluarga.

Salah satu keluarga almarhum Basofi Sudirman, Didi Sukamto, membenarkan berita kepergian almarhum Basofi. "Memang almarhum sakit sudah lumayan lama juga, dan mungkin karena faktor usia juga ya," ungkapnya di kediaman almarhum Basofi Sudirman.

Di mata Didi, almarhum Basofi Sudirman adalah sosok orang tua yang sangat dekat dan perhatian dengan seluruh keluarganya.

"Jadi, kami-kami sering dinasihati lah, yang muda-muda ini. Almarhum selalu menyampaikan hal-hal yang bisa dikatakan pesan-pesan sebagai pejuang, jadi sangat menyayangi bangsa dan negara ini,” tuturnya.
“Beliau sangat peduli, jadi boleh dikatakan dengan perginya beliau, kami sangat kehilangan sosok orang tua, sosok seorang putra bangsa yang baik, yang selalu taat dan memang sayang kepada seluruh keluarga. Kami merasa kehilangan atas kepergian almarhum," ungkapnya.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa Indonesia patut bersedih lantaran kehilangan tokoh bangsa yang lengkap.

Basofi dikenal tidak hanya sebagai anggota TNI, tapi juga dikenal sebagai birokrat dan juga politisi yang merakyat. Tidak hanya itu, Basofi juga dikenal sebagai penyanyi.

"Saya (kenal) dengan beliau saat saya masih menjabat Sekjen PDI-P dan Ketua Umum KNPI. Ketika beliau bertugas di Jakarta saya sering berkomunikasi, " kata Tjahjo melaui pesan singkatnya, Senin (7/8/2017).

Menurut Tjahjo, Basofi juga dikenal sebagai pribadi yang hangat dan dekat dengan anak muda, tanpa membedakan latar belakang atau pilihan politiknya.

"Dia tidak membeda-bedakan siapa dia, dari partai mana, atau ormas mana. Semua diterima dengan hangat sampai beliau bertugas di Jawa Timur. Pak Basofi sosok yang sapta marga, pancasilais, nasionalis dan religius," tutur Tjahjo.

Untuk diketahui, Basofi memulai pengabdiannya di lembaga militer. Terakhir, ia menjabat sebagai sebagai Kasdam I/Bukit Barisan 1986-1987

Ia kemudian diangkat sebagai Wakil Gubernur Jakarta tahun 1987-1992 mendampingi Wiyogo Atmodarminto. Karier pemerintahannya ditutup dengan menjadi Gubenur Jawa Timur hingga 1998.

Basofi adalah putra dari Letjen TNI (Purn) H Soedirman yang merupakan pahlawan nasional dari Kabupaten Bojonegoro. Pihak keluarga berencana memakamkan almarhum Basofi Sudirman pada Selasa, 8 Agustus 2017 pukul 08.00 WIB di Tempat Pemakaman Umum San Diego Hills, Karawang, Jawa Barat. Selamat Jalan Bung Haji. Wago


Tag:

Related Images

  • Mantan Ketua LPNU H. Basofi Sudirman Tutup Usia

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.