Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Pra Munas & Konbes NU Berlangsung di PP Al-Muhajirin Purwakarta

Pra Munas & Konbes NU Berlangsung di PP Al-Muhajirin Purwakarta

Purwakarta, Ma’arif-NU Online – Pra Munas dan Konbes NU kembali digelar, kali ini berlangsung di Purwakarta untuk zona Pulau Jawa. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi turut hadir pada kegiatan Pra Munas dan Konbes NU di Pondok Pesantren Al-Muhajirin 3 Purwakarta, Jawa Barat, Jum’at (10/11/2017).

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dalam sambutan kegiatan Bahtsul Masail, menyayangkan ketika seseorang ingin mendalami agama tetapi tidak kenal madrasah dan pesantren. Konten-konten agama di internet akhirnya seolah menjadi rujukan kebenaran tunggal.

“Belajar agamanya di internet, nafsunya lebih besar dari ilmunya. Ketemu ayat sepotong karena yang ngomong doktor dipercaya sebagai kebenaran,” jelas Kang Dedi yang juga calon Gubernur Jawa Barat.

Menurutnya, harus ada pola strategi dakwah di dalam tubuh NU sendiri dalam menyikapi perkembangan teknologi. Namun, Dedi tidak memungkiri dakwah NU melalui santri dan kiainya saat ini sudah masif di dunia maya memberikan pencerahan-pencerahan.

Menurutnya, semangat NU adalah semangat keindonesiaan yang mengikuti perkembangan zaman dengan tetap menjaga tradisi dan budaya. Indonesia modern, katanya, sudah ada sejak alama.

“Spirit keberadaban Indonesia sesungguhnya menjadi spirit peradaban di dunia,” terang pria yang menjadikan seni, tradisi, dan budaya lokal sebagai spirit pengelolaan pemerintahannya di Purwakarta.

Ia pun mendorong kepada warga NU agar tidak hanya berdakwah di madrasah, majelis taklim, dan pesantren. Menurutnya, orang NU harus ada di pabrik, kantor, dan tempat-tempat umum lain untuk mewarnai Indonesia dengan Islam yang ramah.

“Karena kalau enggak, dakwah di tempat-tempat tersebut akan diisi oleh kelompok-kelompok lain,” tandas Kang Dedi dalam kegiatan bertema Mencari Jalan Keluar Kesenjangan Ekonomi dan Radikalisme Agama ini.

Pada acara yang sama, Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulam (PBNU) yang juga Ketua Steering Committee (SC) Munas dan Konbes NU 2017 KH Mustofa Aqil Siroj menjelaskan, prinsip perjuangan NU adalah mewujudkan kemaslahatan umat. Hal ini sesuai yang diteladankan Nabi Muhammad sebagai rahmat bagi seluruh alam.

“Kalau Allah itu Robbal ‘Alamin, Nabi Muhammad itu Rahmatan lil ‘Alamin, sedangkan NU itu Ma’al ‘Alamin(bersama umat seluruh alam),” tegas Kiai Mustofa Aqil.

Dalam kegiatan bertema Mencari Jalan Keluar Kesenjangan Ekonomi dan Radikalisme Agama ini, adik kandung Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj ini menegaskan bahwa NU akan terus bergandengan tangan dengan warga bangsa untuk menciptakan negara yang aman, adil, dan berkeadaban.

Hadir pada acara pembukaan, Rais PCNU Purwakarta KH Abun Bunyamin, Ketua PWNU Jawa Barat KH Hasan Nuri Hidayatullah, Ketua Lakpesdam PBNU Rumadi Ahmad, Ketua PP ISNU Ali Masykur Musa, Wakil Ketua LBM PBNU KH Abdul Moqsith Ghazali, Ekonomi Universitas Padjajaran Prof Arief Anshory Yusuf, dan tokoh-tokoh lainnya. (Wago)


Tag:

Related Images

  • Pra Munas & Konbes NU Berlangsung di PP Al-Muhajirin Purwakarta

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.