Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Peran Media dalam Pembelajaran Keagamaan Islam

Peran Media dalam Pembelajaran Keagamaan Islam

Jakarta, Ma’arif-NU Online - Hasil penelitian Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbang dan Diklat Kementerian Agama RI diangkat dalam seminar dengan tema "Peranan Media Massa dan Media Sosial dalam Pembelajaran Agama dan Keagamaan Islamm," berlangsung di Hotel Cemara Jakarta, Kamis (30/11/2017).

Seminar Nasional ini diikuti dari berbagai lapisan masyarakat, dari mulai Pejabat Kemenag, Kapuslitbang Prof. Dr. H. Amsal Bahtiar, MA. para Kepala Bidang, Guru, Pengawas, dan Pimpinan Pondok Pesantren. LP Ma’arif NU yang diundang sebagai peserta mengutus dua orang pengurus yaitu Deden Saeful Ridhwan,MZ,MA selaku Pengurus Bidang Pendidikan dan Madrasah LP Ma'arif NU Pusat, sekaligus sebagai Dosen dan Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STIT Islamic Village Tangerang, dan IZZuddin Syamma, MA. (Bidang Kerjasama LP Ma'arif NU Pusat).

Pembahasan seminar yang menghadirkan nara sumber Dr. Gun Gun Heriyanto, MA. (Pengamat Komunikasi Politik) dan Nuryamin Aini, M.Ag. (Pakar Hukum Islam) ini menginformasikan, bahwa kemudahan akses dan pemanfaatan media sosial, terutama, harus diikuti dengan etika berkomunikasi dalam menggunakan media sosial. Caci maki, fitnah, kebohongan sering menjadi efek komunikasi line.

Menurut pendapatnya, tidak hanya itu saja. Media sosial sebagai ujung terdepan dari aplikasi media line, ternyata juga menjadi ajang ghibah, namimah (adu domba), dan sejenisnya. Bertolak dari fenomena penyalahgunaan media sosial. MUI tergugah mengeluarkan fatwa No. 24 Tahun 2017 mengenai hukum dan pedoman bermuamalah melalui media sosial. (Deden)


Tag:

Related Images

  • Peran Media dalam Pembelajaran Keagamaan Islam

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.