Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Ketua LP Ma'arif Mendesak RUU Pesantren Disahkan Jadi UU

Ketua LP Ma'arif Mendesak RUU Pesantren Disahkan Jadi UU

Kudus, Ma’arif-NU Online - Ketua LP Ma'arif NU Pusat KHZ. Arifin Junaidi mendesak DPR dan pemerintah agar RUU Lembaga Pendidikan Keagamaan dan Pesantren (LPKP) segera dibahas dan disahkan menjadi UU. Hal itu dikemukakan Kiai Arjuna saat menjadi narasumber acara Halaqah Pimpinan Pondok Pesantren, di Kudus, Sabtu (2/12/2017) kemarin.

Dalam acara yang diadakan Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pesantren Kementerian Agama RI itu, Kiai Arifin menegaskan, dengan adanya UU UU LPKP berarti ada payung hukum bagi pemerintah untuk meningkatkan perhatiannya kepada madrasah dan pesantren antara lain melalui penganggaran yang adil bagi sekolah/perguruan tinggi umum (PTU) di satu sisi dan madrasah/pesantren/ perguruan tinggi agama Islam (PTAI) di sisi lain.

“Sampai saat ini masih terjadi ketimpangan anggaran antara sekolah/PTU dengan madrasah/pesantren /PTAI; untuk sekitar 290 ribu sekolah/PTU diberi anggaran sekitar 347 T dari APBN sedangkan untuk sekitar 255 ribu madrasah/pesantren/PTAI hanya diberikan anggaran sekitar 50 T dari APBN. Belum lagi kucuran anggaran dari APBD untuk sekolah, sedangkan madrasah tidak dapat kucuran APBD,” tuturnya.

Kiai Arjuna meminta peserta halaqah untuk mengawal pengesahan RUU LPKP tersebut, antara lain melalui wakil-wakil rakyat di dapilnya masing-masing. "Saat wakil rakyat reses, minta komitmen mereka untuk segera membahas dan mengesahkan RUU itu.", tegas Kiai Arjuna. Dikemukakan, RUU LPKP tersebut sudah masuk Prolegnas (Program Legislasi Nasional) DPR. Namun karena bukan RUU politik bisa jadi tidak kunjung dibahas hingga akhir periode DPR sekarang ini.

"Kalau sudah berganti anggota, bisa lain lagi prioritasnya.", kata Kiai Arjuna. Sebagai lembaga yang menaungi madrasah terbanyak, yakni sekitar 13.000 madrasah, bahkan dibanding madrasah negeri yang hanya sekitar 3.600 madrasah, LP Ma'arif NU sangat berkepentingan dengan adanya UU sebagai payung hukum bagi madrasah untuk memperoleh perhatian dan perlakuan yang adil (dzaki)


Tag:

Related Images

  • Ketua LP Ma'arif Mendesak RUU Pesantren Disahkan Jadi UU

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.