Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

34 Wilayah LP Ma’arif NU Akan Hadiri Rakernas dan Rakor Sako Pramuka

34 Wilayah LP Ma’arif NU Akan Hadiri Rakernas dan Rakor Sako Pramuka

Jakarta, Ma’arif-NU Online – Sebanyak 200 orang dari 34 Wilayah akan mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) LP Ma’arif NU sebagai peserta yang diselenggarakan bersamaan dengan kegiatan Seminar dan Rapat Koordinasi Satuan Komunitas Pramuka Ma’arif NU (Rakor Sakoma), bertempat di Hotel Jayakarta Jalan Haji Juanda, Dago, Bandung, pada tanggal 27 Februari s/d 1 Maret 2018 yang akan datang.

Peserta yang akan mengikuti kegiatan Rakernas, Seminar dan Rakor Sakoma tersebut, terdiri dari 2 (dua) orang utusan Pengurus LP Ma’arif NU dan 1 (satu) orang utusan Pengurus Sakoma masing-masing wilayah dari Aceh hingga Papua, serta diikuti sejumlah peserta dari Pengurus LP Ma’arif NU Pusat.

Kegiatan yang dikemas dalam rangka Menyongsong Satu Abad NU tersebut, mengambil tema Outlok Indonesia 2030, Kontribusi Ma’arif NU dalam Menyiapkan Generasi Emas 2030.

Menurut penjelasan Ketua Panitia Rakernas, Seminar dan Rakor Sakoma Hj. Saidah Sakwan,MA, serangkaian kegiatan yang akan berlangsung 3 (tiga) hari itu menghadirkan sejumlah nara sumber sebagai pembicara.
Rakernas, Seminar dan Rakor Sakoma seperti yang telah diagendakan, lanjut Saidah, pada acara pembukaan akan diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Shalawat, lalu koor lagu Indonesia Raya, Ya Lal Wathan, dan Mars Ma’aif NU yang akan dipandu oleh Madrasah Ma’arif NU dari Bandung.

Setelah itu, tambah Saidah yang juga Wakil Ketua LP Ma’arif NU Pusat, pembukaan akan diisi sambutan atas nama Ketua Panitia Hj.Saidah Sakwan,MA, sambutan Ketua LP Ma’arif NU KH.Z.Arifin Junaidi,MBA dengan pappernya berjudul Geliat Satuan Pendidikan Ma’arif NU dalam Merespons Era Millenial, orasi ilmiah oleh Ketua Umum PBNU Prof. Dr. K.H. Said Aqil Siradj, MA bertema Kebangsaan dan Keislaman Nahdlatul Ulama. Keynote Speech masing-masing disampaikan Mendikbud Prof. Dr. H. Muhadjir Effendy, MAP dengan judul Kontribusi Kemdibud RI dalam Menyiapkan Generasi Emas untuk Indonesia 2030 dan Menag Dr. K.H. Lukman Hakim Saifuddin yang bertemakan Kontribusi Kemenag RI dalam Membangun Karakter Berbangsa dan Bangsa Berkarakter.

Dalam jadwal yang diedarkan panitia, setelah rehat acara diisi sejumlah nara sumber lain diantaranya; Plenary Session 1: Mencetak Generasi Emas Indonesia di 2030 dengan pembicara Prof. Dr. K.H. Abdurrahman Mas’ud, MA (Kepala Balitbang Kemenag RI) Pendidikan Karakter dalam Islam untuk Mencetak Generasi Emas, Prof. Dr. K.H. M. Nuh, DEA (Kepala Badan Wakaf Indonesia) Menyongsong Generasi Berkarakter untuk Bangsa Berkarkter, Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin, MA (Dirjen Pendis Kemenag RI) Pendis dan Pendidikan Karakter Indonesia 2030, Dr. Hamid Muhammad, MA (Dirjen Dikdasmen Kemdikbud RI) Dikdasmen dan Pendidikan Karakter Indonesia 2030.

Siang hingga malam harinya memasuki Plenary Session 2: Menempatkan Pendidikan Islam di 2030 dengan pembicara Dr. H. Achmad Sodiq, MAg (Dosen UIN Jakarta) Peran Pendidikan Islam dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Dr. H. A. Umar (Direktur KSKK Madrasah Kemenag) Pengembangan KSKK Madrasah dalam Pembentukan Karakter Bangsa Berbudaya, Dr. Imam Syafii, MPd (Direktur PAIS Kemenag RI) Pengembangan PAIS dalam Pembentukan Karakter Bangsa Berbudaya.

Pada hari kedua Rakernas sesuai jadwal yang dibuat panitia, tepatnya hari Rabu yaitu Plenary Session 3: Peluang dan Tantangan Muda-Mudi Indonesia dalam Kancah Internasional di 2030Dr. H. Imam Nahrawi (Menteri Pemuda dan Olahraga RI) Kemenpora dan Pembinaan SDM Indonesia, Dr. Idrus Marham (Menteri Sosial RI) Peran Kemensos dalam Menyiapkan Generasi Berkarakter, dan Dr. Adyaksa Dault (Kakwarnas) Pramuka dan Pembinaan Khas Karakter Anak Bangsa.

Masih pada hari kedua dari sore hingga malam secara berturut-turut dilaksanakan sidang Pleno I: Pandangan Ketua LP Ma’arif NU Pusat dan Sako Ma’arif NU Nasional, masing-masing oleh K.H.Z Arifin Junaidi, MBA Kebijakan-Kebijakan Umum LP Ma’arif NU Pusat dan Drs. H.Muchsin Ibnu Djuhan, MA Kebijakan-Kebijakan Sako Ma’arif NU Pusat.

Selanjutnya Sidang Komisi Rakernas LP Ma’arif NU yang membahas beberapa agenda yakni; Pedoman Pendidikan Karakter LP Ma’arif NU, KI/KD Aswaja, BHPNU dan Sipenmanu, Tata Kelola Kelembagaan LP Ma’arif NU, Program-Program LP Ma’arif NU, dan Rekomendasi. Demikian halnya sidang komisi Rakor Sako Ma’arif NU dibahas materi tentang Penyempurnaan Juklak/Juknis Sako Ma’arif NU, Program-Program Sako Ma’arif NU, dan Rekomendasi. (Wago)


Tag:

Related Images

  • 34 Wilayah LP Ma’arif NU Akan Hadiri Rakernas dan Rakor Sako Pramuka

Post Rating

Comments

There are currently no comments, be the first to post one!

Post Comment

Only registered users may post comments.