kamagra kopen kamagra online kamagra 100 viagra tablets australia levitra online australia cialis daily australia levitra australia kamagra 100mg cialis bijsluiter cialis kopen viagra kopen viagra online
viagra tablets australia levitra online australia viagra générique viagra pour femme cialis générique cialis en ligne levitra générique levitra prix kamagra 100 kamagra 100mg kamagra kopen kamagra online cialis bijsluiter cialis kopen viagra kopen viagra online cialis daily australia levitra australia
Background Color:
 
Background Pattern:
Reset
Search
Warta & Artikel

Madrasah harus Melahirkan Perubahan

Madrasah harus Melahirkan Perubahan
Madrasah harus jadi instrumen bagi anak untuk melakukan perubahan. Sejarah memperlihatkan tokoh-tokoh pembaharu baik dari konteks keagamaan maupun keindonesiaan banyak dilahirkan dari madrasah. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang dalam perkembangannya selalu adaptif terhadap perubahan untuk lahirnya insan-insan perubahan.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Prof Dr Phil Kamaruddin Amin dalam pengarahan kegiatan Penyusunan Regulasi Kurikulum dan Evaluasi yang diselenggarakan Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Kegiatan ini digelar di Bintaro (25-27/03/2019) menghadirkan sejumlah tenaga ahli dari berbagai disiplin dan profesi. Misalnya guru-guru MIN, MTsN, MAN; para kanwil seperti Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, dan lainnya; sejumlah akademisi seperti UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Ampel, UIN Maliki, dan lainnya; dan ormas-ormas Islam seperti LP Ma’arif PBNU, Majlis Dikdasmen Muhammadiyah, Mathla’ul Anwar, dan lainnya.

Menurut Kamaruddin, madrasah merupakan lembaga Islam yang cukup signifikan kontribusinya dalam mencerdaskan masyarakat. Perubahan-perubahan besar yang terjadi dalam masyarakat selama ini justru terlahir dari generasi-generasi madrasah.

Madrasah jadi bagian penting dari sejarah kemerdekaan dan keindonesiaan kini. Peran madrasah adalah melahirkan tokoh-tokoh penting yang melakukan perubahan di tengah masyarakat.

“Kurikulum madrasah harus adaptif, inovatif, dan transformatif. Pendidikan tidak hanya mengantarkan anak memahami agamanya, tapi juga memahami bagaimana cara keberagamaan,” kata Prof Kamaruddin Amin.

Kementerian Agama menyusun kurikulum madrasah rumusannya memperhatikan 3 aspek tersebut. Struktur kurikulum yang dirumuskan kemudian dituangkan dalam pedoman implementasi kurikulum pada madrasah untuk memudahkan para pelaksana pendidikan.

“Standar kurikulum madrasah dalam rangka memudahkan transfer knowledge (mencerdaskan), internalisasi untuk melahirkan nilai positif dan karakter personal dan kolektif, dan transformatif untuk melakukan perubahan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Dirjen Pendis Prof Kamaruddin lebih jauh.

Hal senada juga disampaikan Direktur KSKK Kemenag RI A Umar. Menurutnya, setiap madrasah menyelenggarakan pembelajaran berdasarkan kurikulum yang tidak kaku. Kurikulum madrasah adalah kurikulum yang dirumuskan bersama-sama yang bersifat fleksibel untuk memberikan pendidikan terbaik pada masyarakat.

“Banyak madrasah dalam setahun terakhir mengalami perkembangan cukup signifikan. Perkembangan tersebut tidak hanya tingkat MA seperti MAN IC yang tersebar di beberapa provinsi Indonesia, tetapi juga tingkat MTs dan MI yang makin banyak diminati masyarakat Indonesia,” ujar Direktur KSKK A Umar.

Lebih jauh Umar menyampaikan, belakangan berdiri MAK atau madrasah keterampilan di sejumlah kota besar di Indonesia, yang tidak hanya teknologi informasi tetapi juga agrobisnis, kelautan, pariwisata dan lainnya.

Kasubdit Madrasah Ahmad Hidayatullah menyampaikan bahwa Subdit Madrasah selalu melakukan inovasi-inovasi dalam upaya melahirkan terobosan baru yang dapat dijadikan rujukan oleh madrasah baik swasta maupun negeri sebagai baktinya terhadap negeri.

“Beberapa kali saya menerima bicara dengan kepala madrasah, harapannya sangat besar bagaimana madrasah terus-menerus memberikan kontribusi tidak hanya melahirkan tokoh-tokoh ahli dalam bidang agama tapi mahir dalam bidang lain seperi agrobisnis, telekomunikasi dan lainnya,” ujar Ahmad Hidayatullah.

Samentara Wakil Sekretaris Ma’arif PBNU Yanto Bashri menilai, rumusan-rumusan yang tertuang dalam struktur kurikulum madrasah baik tingkat MI, MTs, maupun MA, yang akan segera jadi acuan madrasah-madrasah Indonesia sudah memenuhi tiga aspek di atas.

“Secara umum struktur kurikulum dalam draft sudah cukup adaptif, inovatif, dan transformatif, sebagaimana diharapkan Prof Kamaruddin Amin, para kiai, dan tokoh Islam umumnya. Jika nantinya ditambah sifatnya hanya penguatan dari sisi konten,” sambung Yanto Bashri. (saa)
Tag:

Related Images

  • Madrasah harus Melahirkan Perubahan

Post Rating

There are gold and diamonds that have to caiso replica watches be earned, and it is rolex replica uk still very interesting to say that the replica watch table that embodies the taste of men has rolex replica watches either gold or diamonds.
Levitra Vademecum,vademecum Levitra Generico,levitra 5 Mg Vademecum levitra vademecum Buy Kamagra Australia,Buy Kamagra Online Australia,Buy Kamagra Jelly Australia,Buy Kamagra Sydney,Kamagra Sydney kamagra australia Kamagra Ireland Shop,Kamagra Ireland,Kamagra Ireland Legal,Kamagra Jelly Ireland,Kamagra Online Ireland,Kamagra Northern Ireland kamagra ireland Viagra For Sale In Ireland,sildenafil For Sale In Ireland,herbal Viagra For Sale In Ireland,viagra For Sale In Northern Ireland viagra ireland Super Kamagra Australia,Buy Super Kamagra Australia,Super Kamagra Online super kamagra australia Kamagra Oral Jelly Perth,kamagra Oral Jelly Australia Paypal,kamagra Oral Jelly Australia kamagra oral jelly perth